AdvertorialPupuk Kaltim

Ringankan Warga Kurang Mampu, Pupuk Kaltim Bagikan 2.850 Paket Sembako

SENYUM lebar terpancar dari wajah Hamzah. Sambil menenteng tas berisikan beras, minyak goreng, dan gula pasir, warga RT 05 Kelurahan Loktuan ini menjadi salah satu penerima bingkisan dari PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) pada kegiatan Pupuk Kaltim Berbagi, di Gedung Olahraga (GOR) Pupuk Kaltim, Jumat (17/5/2019).

Ia mengaku sangat senang, lagi-lagi memperoleh bingkisan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini. Pasalnya, hal ini dapat meringankan bebannya yang hanya bekerja sebagai pengurus Masjid Darul Falah. Tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membeli komoditas yang diperkirakan totalnya mencapai Rp 124.500 itu.

Lanjut dia, bahan tersebut juga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi saat bulan Ramadan ini. “Tiap tahun dapat, saya sangat senang,” ucapnya sumringah.

Dia berharap, kegiatan ini dapat terus berlanjut tiap tahunya. Hamzah pun mendoakan agar perusahaan yang memproduksi pupuk ini dapat terus berjalan lancar di wilayah Bontang. “Semoga Pupuk Kaltim mendapatkan berkah dan lancar rezekinya,” pintanya.

Sementara itu Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim, Meizar Effendi mengatakan dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar, Pupuk Kaltim senantiasa memerhatikan kondisi sosial ekonomi mereka, dengan melakukan berbagai kegiatan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Salah satu program rutin tahunan Pupuk Kaltim dalam rangka bulan suci Ramadan 1440 H dan menyambut Idulfitri adalah kegiatan Pupuk Kaltim Berbagi. Pada kegiatan ini, Pupuk Kaltim menyelenggarakan pembagian sembako gratis sebagai wujud kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar untuk meningkatkan harmonisasi dan tali silaturahmi.

“Kegiatan rutin Pupuk Kaltim ini menyasar Rumah Tangga Berpendapatan Rendah (Rastra) atau masyarakat kurang mampu di wilayah buffer zone perusahaan dan sekitarnya,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana serta perwakilan Pemkot Bontang dan Dandim 0908/Bontang. Lanjut dia, jumlah paket yang diserahkan kepada penerima manfaat sejumlah 2.850 paket. Di antaranya terdiri dari Kelurahan Guntung 226 paket, Kelurahan Loktuan 902 paket, dan Kelurahan Belimbing 210 paket. (Selengkapnya lihat grafis).

Jumlah paket yang diserahkan kepada penerima manfaat sejumlah 2.850 paket. Terdiri dari :

No.WilayahJumlah Paket
1Kelurahan Guntung226 paket
2Kelurahan Loktuan902 paket
3Kelurahan Belimbing210 paket
4Kelurahan Gunung Elai390 paket
5Kelurahan Bontang Kuala162 paket
6Forum RT Sidrap245 Paket
7Wilayah pesisir174 Paket
8 Lainnya: 
Petugas Lolasan PKT133 Paket
Cleaning service & Roomboy PKT111 Paket
Caddy70 Paket
Petugas Fogging9 Paket
Satpam di wilayah BTN PKT42 Paket
Satpam di wilayah BSD PKT18 Paket
Penerima Manfaat Sekitar Kantor Perwakilan Samarinda50 Paket
PSB20 Paket
Lain-lain88 Paket
TOTAL2.850 Paket

Tidak hanya di wilayah Bontang, paket ini juga diserahkan ke Samarinda. Yang berisikan 5 kilogram beras, 1 kilogram gula pasir, dan minyak goreng 2 liter. “Hari ini (Jumat, Red.) dibagikan untuk warga Kelurahan Bontang Kuala, Gunung Elai, Belimbing, dan Loktuan. Sementara, Rabu-Kamis lalu dibagikan untuk warga Sidrap, wilayah pesisir, serta para satpam BTN PKT dan BSD PKT,” katanya.

Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim, Meizar Effendi saat memberikan bingkisan kepada salah satu warga di Kegiatan Pupuk Kaltim Berbagi 2019 di GOR Pupuk Kaltim, Jumat (17/5/2019). (Humas Pupuk Kaltim)

Pupuk Kaltim juga turut memberdayakan mitra binaan dengan menggunakan hasil pertaniannya yaitu beras sebanyak 14,25 ton. Hal ini meningkat dari kegiatan serupa tahun lalu, di mana Pupuk Kaltim hanya menyalurkan 13,5 ton beras.

Pada kesempatan ini juga, Pupuk Kaltim mengajak masyarakat sekaligus mengampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik dengan pemakaian kantong daur ulang atau tas dari bahan karung beras. Diharapkan dapat digunakan untuk berbelanja tanpa menggunakan tas plastik atau kresek lagi. “Sekaligus memberdayakan kelompok penjahit binaan Pupuk Kaltim untuk menjahit tas daur ulang,” ucapnya. (zae/adv)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button