Bontang

PT Indominco Melunak, Siap Buat Jalur Alternatif 

BONTANG – Demontrasi yang digelar warga Nyerakat, Kelurahan Bontang Lestari membawa angin segar, Selasa (19/9) kemarin. PT Indominco Mandiri (IMM) bersedia membuka kembali jalur hauling yang ditutup beberapa bulan terakhir.

Unjuk rasa sendiri dilakukan sekitar 50an warga, sejak pukul 8 pagi. Para demonstran berorasi hingga kurang lebih lima jam. Aksi di jalan beraspal itu berjalan damai dengan kawalan ketat puluhan personel Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara) Polres Bontang.

Alhasil, perwakilan PT IMM hadir mendengarkan aspirasi yang disuarakan warga dan memberi opsi yang bisa diterima warga setempat.

“Alhamdulillah tuntutan kami didengarkan oleh perusahaan. Pihak IMM memberikan kami ruang untuk melakukan mediasi,” kata Koordinator Aksi, Ical kepada Bontang Post, Selasa (19/9).

Dari hasil rundingan antara perusahaan dan perwakilan demonstran, PT IMM menawarkan kepada warga dengan membuatkan jalur alternatif yang bisa dilalui warga dalam beraktivitas. Selama jalur alternatif dikerjakan selama itu pula warga diperbolehkan melintas.

“Sembari menunggu jalan itu jadi, kami masih melalui jalur hauling dulu, Dalam waktu dekat kami juga akan ada mediasi lanjutan bersama instansi terkait,” ucapnya.

Adapun jalur alternatif yang bakal dibuka untuk warga, lanjut Ical, berjarak kurang lebih satu kilometer dari jalur hauling.

“Warga dapat menerima, karena memang kami juga butuh jalan untuk melakukan aktivitas,” pungkasnya.

Sebelum demo dilakukan, dua kali rapat dengar pendapat yang difasilitasi DPRD Bontang tak berujung titik temu. Warga Nyerakat nekat melakukan unjuk rasa demi dapat melintas kembali jalur yang sudah digunakan kurun 20 tahun belakangan.  (*/nug)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button