Breaking News

Gelar Pelatihan Jurnalistik Pelajar, PWI Kutim Gandeng Disdik

SANGATTA – Kepala Dinas Pendidikan Kutim, Akhmadi Baharuddin mendukung program kerja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kutai Timur menggelar pelatihan jurnalistik bagi pelajar mengawali program kerjanya.

Menurut dia, wartawan  merupakan profesi yang memerlukan pendidikan khusus. Karena karya seorang jurnalis akan menjadi dokumen penting.

“Oleh karenanya seorang wartawan harus melalui pendidikan yang baik dan bermutu,” tutur Akhmadi.

Mantan Kepala Dinas Perkebunan itu  mengaku banyak keluarganya yang berprofesi wartawan dan digeluti hingga akhir hayat. Baginya, program PWI Kutim menggelar pelatihan jurnalis merupakan keputusan tepat. Karena pelajar yang berhasil menyalurkan bakatnya akan membantu sekolah dan lingkungan.

“Mereka bisa saja memberitakan aktififitas sekolah dan lingkungannya, dan pada akhirnya memotivasi aktifitas sekolah untuk berkarya,” ungkap Akhmadi yang masih berkeluarga dengan Saleh Djaya – mantan Ketua PWI Kaltim.

Dalam pertemuan yang berlangsung hampir dua jam, Joni Sapan Puleleng sebagai Ketua PWI Kutim, menerangkan pelatihan yang kali pertama digelar untuk menyalurkan bakat pelajar dibidang jurnalis.

“Pelatihan berlangsung sebulan, salama sebulan peserta diwajibkan membuat tulisannya untuk dilakukan pembinaan oleh tim pelatih, jika memang layak berita akan disalurkan pada media massa yang dikelola pelatih. Intinya, karya peserta nantinya juga menjadi materi pemberitaan sepanjang memenuhi kaidah jurnalis,” ujar Joni.

Joni yang kesehariannya bertugas pada Harian Samarinda Post menyebutkan, PWI Kutim menargetkan peserta 40 orang. Dikatakan, selama 1 bulan peserta hanya 1 hari diberi teori,selebihnya praktik.  Dia berharap, dari 40 peserta  minimal  10 orang bisa menyalurkan bakat jurnalisnya sehingga kelak bisa menjadi jurnalis handal, berpegang teguh prinsip jurnalis dan ikut membangun Kutim.

“Yang senior tentu pada suatu saat akan pensiun. Karenanya PWI Kutim punya tanggungjawab untuk melahirkan jurnalis handal dan berkarya banyak bagi negeri termasuk Kutim,” tandasnya.(aj)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button