Bontang

Tahun Depan Wajib Gunakan SPSE Versi 4 

Aplikasi Lebih Transparan, Minimalisir Tindakan Korupsi

BONTANG – Mulai tahun depan, pengadaan barang maupun jasa ke seluruh instansi pemerintah diwajibkan menggunakan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4. Ini diharuskan karena SPSE versi 3 telah di upgrade, sehingga versi terbaru memiliki beberapa kelebihan dari versi sebelumnya.

Untuk itu, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat mengelar Sosialisasi terkait kebijakan ini kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kelompok kerja (Pokja), maupun pengusaha penyedia barang atau jasa yang ada di Bontang, Rabu (27/9) kemarin di Auditorium Wali Kota lama, Jalan Awang Long.

Abdul Wahid, staf LKPP pusat yang menjadi salah satu narasumber dalam kesempatan ini mengatakan, tujuan dilakukannya sosialisasi dan pelatihan ini, agar para pengguna/user SPSE dapat memahami dalam menggunakan aplikasi SPSE versi 4, pada saat proses pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik.

“Di versi empat ini aplikasinya lebih user friendly. Selain itu juga lebih transparan, baik informasi penawaran penyediaannya, siapa pemenangnya, maupun tahap evaluasinya,” ungkap Wahid.

Selain itu, kelebihan lainnya kata Wahid, aplikasi ini bisa untuk semua lelang termasuk untuk lelang cepat. Dimana jika pada lelang umum harus melewati 12 tahapan atau lebih dan membutuhkan waktu 21 hari, di lelang cepat bisa selesai hanya dalam waktu 3-5 hari. Dari sisi kelebihan aplikasi diantaranya, lebih mudah login maupun penggunaannya, lebih memudahkan Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan penyedia,  karena segala dokumen terkait sudah disiapkan secara aplikasi. Sehingga Pokja tinggal menginput saja. Dari sisi lainnya, lewat aplikasi ini juga bisa menyaring para penyedia barang ataupun jasa yang telah lolos kualifikasi, sehingga kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

“Harapannya semoga Bontang bisa segera menerapkan aplikasi versi empat ini, sehingga proses pengadaan bisa lebih transparan. Karena dapat dilihat oleh publik, sehingga meminimalisir tindakan korupsi. Saya harap pula, Bontang bisa menjadi pioner untuk Kaltim dalam hal penerapan SPSE versi empat ini,” pungkasnya. (bbg)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button