Bontang

Latih Kewirausahaan, Siswa SMP Vidatra Ternak Lele

BONTANG – Untuk melatih siswa-siswi memiliki pengetahuan dalam kewirausahaan, kali ini kelas 8 SMP Vidatra, diajari beternak ikan lele. Uniknya, dalam satu drum berukuran 250 liter, diisi 100 benih ikan lele, dan satu drum tersebut menjadi tanggung jawab satu kelas.

Menurut salah satu guru SMP Vidatra Winata, khusus kelas 8, ada delapan kelas. Sehingga drum yang disediakan ada sebanyak 8 drum.

“Satu drum diisi 100 benih ikan lele dan itu menjadi tanggungjawab dan dipelihara oleh satu kelas. Pengurus kelas nanti akan buatkan jadwal piket agar semuanya bisa sama-sama mendapat kesempatan memeliharanya,” jelas Winata, Kamis (26/10) kemarin.

Dikatakan Winata, saat ini anak-anak akan diajari bagaimana memelihara ikan Lele, sampai akhirnya masa panen. Untuk tiba masa panen nanti, lanjutnya, hasilnya nanti terserah musyawarah kelas.

“Yang terpenting sekarang, bagaimana anak-anak belajar beternak, menjaga dan merawat, agar benih ikan lele menjadi sehat, tumbuh menjadi besar dengan utuh tanpa banyak korban,” ujarnya.

Sementara untuk pakan ternaknya sendiri, dikatakan Winata, anak-anak sudah membeli di setiap kelas dan sudah siap, tinggal menabur pada jadwal jam makan.

Dari pantauan, tampak anak-anak antusias memelihara ikan lele. Mereka sepertinya tak sabar untuk menanti masa panen tiba.(mga)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button