Bontang

Galian Jargas Urusan Kontraktor

“Jadi ketika kontraktor pelaksananya tidak cermat, kami yang melapor, bahwa pekerjaan kontraktornya seperti ini (tidak cermat, Red.) ke kementerian terkait,” Neni Moerniaeni Wali Kota Bontang

BONTANG – Persoalan yang bermunculan akibat galian pipa jaringan gas (Jargas) mendapat tanggapan dari Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. Kata Neni, permasalahan yang meluas beberapa waktu lalu merupakan urusan dan tanggung jawab kontraktor pelaksana. Pemkot Bontang lanjutnya, hanya sebagai fungsi kontrol, untuk melapor ke kementerian terkait yakni Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Jadi ketika kontraktor pelaksananya tidak cermat, kami yang melapor, bahwa pekerjaan kontraktornya seperti ini (tidak cermat, Red.) ke kementerian terkait. Kami sebagai fungsi kontrol,” jelas Neni saat ditemui belum lama ini.

Dikatakan Neni, berdasarkan pantauannya memang pada saat penggalian pipa Jargas ada beberapa tempat yang lokasinya sulit medannya dan ada juga yang mudah sehingga tidak menimbulkan masalah. Termasuk jika cuaca sedang tidak mendukung seperti hujan. Itulah alasan perumahan di atas laut tidak bisa dipasang Jargas. “Di sana (atas laut, Red.) rawan, makanya untuk rumah di atas laut sampai saat ini tidak ada Jargas,” ujarnya.

Namun demikian, Neni menyebut untuk perumahan di atas laut masih dikaji oleh kementerian. Neni bersyukur  2018 nanti Bontang kembali mendapat jatah kuota Jargas sebanyak 5000 sambungan Jargas. Karena keinginannya semua kelurahan di Bontang dialiri gas. Mengingat yang sudah ada saat ini paling tinggi per bulan hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 75 ribu.

Sehingga, ketika pekerjaan penggalian pipa Jargas selesai, maka akan diambil alih oleh Pertagas. Neni menyatakan bahwa Jargas merupakan program nasional, tetapi Bontang bisa “mencuri” peluang tersebut berkat perjuangannya. Dikatakan bahwa tidak semua bupati atau wali kota mendapat jatah kuota Jargas, karena memang tidak mudah untuk mendapatkannya. “Saya sempat bolak balik ke Jakarta hanya untuk mengurus itu (Jargas, Red) saja dan Alhamdulilah dapat lagi 5 ribu sambungan untuk tahun 2018,” tutupnya. (mga)

 

 

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Baca Juga

Close
Back to top button