Breaking News

Perizinan Fokus di Satu Pintu

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar menginstruksikan agar semua perizinan hanya dikeluarkan melalui Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Pelayanan Satu Pintu (PTSP). Sebab, hal itu semakin memudahkan pelayanan terhadap pengusaha yang ingin berinvestasi di Kutim. Sehingga, kepastian untuk mendapatkan perizinan dapat lebih cepat, dan menghindari pengurusan yang berbelit-belit.

“Jadi jangan ada lagi OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang keluarkan izin. Karena, sekarang semua cukup lewat satu pintu di PTSP,” ucap Ismu.

Dia menerangkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, setiap daerah diminta untuk lebih memudahkan pelayanan dalam soal perizinan. Karena, masih banyak pengusaha yang mengeluhkan sulitnya dalam berinvestasi, akibat pengurusan izin yang lamban. Oleh karena itu, dengan memfokuskan pelayanan pada satu pintu, dinilai akan memangkas proses yang panjang.

“Meski satu pintu, tapi tetap pelayanan yang diberikan mengikuti SOP (Standar Operasional Prosedur),” sebutnya.

Misalnya, kata Ismu, jika yang diminta adalah izin pembukaan lahan atau izin lokasi, tentu ada batas waktu penyelesaiannya. Mulai dari survey lapangan, hingga izin dikeluarkan. Sehingga, jika ada kelengkapan persyaratan perizinan yang kurang lengkap, maka segera disampaikan. Bukan justru, didiamkan hingga berbulan-bulan tanpa kejelasan.

“Saya rasa kalau syaratnya lengkap prosesnya tidak lama. Karena sudah ada SOP dalam penerbitan izin. Kalaupun bermasalah, segera undang pihak pengusaha yang mengajukan izinnya. Sampaikan kekurangannya. Sehingga, mereka tahu apa kurangnya, dan bisa segera melengkapi izinnya,” papar Ismu.

Disinggung apakah ada keluhan dari pengusaha terkait perizinan, Ismu mengaku memang ada. Namun setelah dilakukan pengecekan, diketahui persoalan yang menyebabkan perizinan tersebut tidak keluar.

“Intinya satu pintu lewat PTSP. Nanti, biar tetapkan staf yang khusus mengurusinya,” tutupnya. (aj)

 

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Baca Juga

Close
Back to top button