Advertorial

Pupuk Kaltim Gelar Survei Kepuasan Lingkungan 

BONTANG – Tahun ini PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali mengadakan Survei Kepuasan Lingkungan (SKL). Sesuai dengan visi Pupuk Kaltim, yakni memberikan manfaat bagi pemegang saham, karyawan, dan masyarakat serta peduli pada lingkungan. Pupuk Kaltim juga terus berupaya dalam membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar perusahaan (buffer zone). Kegiatan survey tersebut dilaksanakan di Gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, Selasa (14/11) kemarin.

Survei tersebut dihadiri 250 tamu undangan, termasuk di dalamnya Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim, PIHC Group (Pupuk Indonesia, Petrokimia Gresik, Pupuk Kujang Cikampek, Pupuk Sriwijaya Palembang, Pupuk Iskandar Muda dan Rekayasa Industri), Asisten II Bidang Ekonomi Emlizar Muchtar mewakili Wali Kota Bontang, perwakilan OPD, Jajaran Forkopimda Bontang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Camat dan Lurah se-Kota Bontang, Penerima Manfaat, dan Mitra Binaan Pupuk Kaltim.

Superintendent Corporate Social Responsibility (CSR) Pupuk Kaltim Fachry Husaini dalam laporan kegiatannya menjelaskan, Survei yang dilakukan adalah untuk mengukur nilai kebermanfaatan program dan nilai kepuasan dari masyarakat sekitar atas kontibusi Pupuk Kaltim melalui Program Kemitraan bina lingkungan yang dilakukan selama ini. Nantinya hasil dari Survei akan menjadi key performance indicator (KPI) untuk pihak Direksi Pupuk Kaltim.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur SDM & Umum Pupuk Kaltim Meizar Effendi memaparkan bahwa Pupuk Kaltim terus berusaha berperan aktif dan berkontribusi untuk masyarakat Bontang melalui berbagai program CSR. Perusahaan tidak dapat terpisah dari masyarakat sekitar sebagai salah satu stakeholder perusahaan yang harus diperhatikan. kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan SK Direksi Pupuk Kaltim tentang Key Performance Indicator bidang kepuasan lingkungan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero). Dengan tujuan, memberikan masukan perencanaan program pengembangan lingkungan agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pupuk Kaltim akan berusaha konsisten dalam melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, program bantuan yang telah digulirkan oleh Pupuk Kaltim diharapakan dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat sehingga nantinya dapat menciptakan keharmonisan dan keselarasan antara perusahaan dan masyarakat sekitar sehingga atmosfer lingkungan yang kondusif dapat tercipta.

“Saat ini Pupuk Kaltim telah melakukan restrukturisasi organisasi, yaitu departemen Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dijadikan Departemen CSR. Di mana hal tersebut merupakan bentuk keseriusan Pupuk Kaltim dalam menangani CSR, dan kami harapakan masyarakat dan pemerintah Kota Bontang memberikan support untuk kemajuan Pupuk Kaltim. Pada kesempatan ini juga, kami mewakili manajemen Pupuk Kaltim mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Bontang dan masyarakat Bontang yang selama ini telah ikut menciptakan suasana kondusif sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan lancar. Dan kami juga mohon kepada seluruh stakeholder untuk memberikan doa dan dukungan kepada perusahaan yang kita cintai ini agar kami dapat terus beroperasi dengan baik dan lancar sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi untuk kota Bontang,” terangnya.

Sementara itu Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi Emlizar Muchtar mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Bontang mendukung dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan Survei Kepuasan Lingkungan 2017 yang diadakan oleh Pupuk Kaltim karena merupakan wujud niat tulus dan upaya Pupuk kaltim untuk mengetahui sejauh mana penilaian masyarakat sekitar perusahaan terkait program bantuan yang telah diberikan oleh Pupuk Kaltim.

“Sebuah perusahan dalam mengelola bisnis tidak dapat dipisahkan dari masyarakat, karena perusahaan dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang selalu bersinergi. Besar harapan Pemerintah Kota Bontang bahwa survey yang dilaksanakan hari ini dapat dijadikan forum rembuk bersama yang didasari kebersamaan antara masyarakat dan perusahaan sehingga ke depannya Pupuk Kaltim dapat menyusun kegiatan CSR nya dengan lebih fokus, efektif, dan tepat sasaran,” jelasnya. (*/rdy/ adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button