Breaking News

Kutim Tak Punya Terminal

SANGATTA – Saat ini Kutim tak lagi memiliki terminal kota. Pasalnya, terminal yang terletak di KM 3 Sangatta Selatan sudah diambil alih oleh provinsi.

Pelimpahan tersebut lantaran, terminal yang berdiri di tanah Taman Nasional Kutai (TNK ) itu masuk dalam tipe B. Tipe B merupakan perlintasan antar kabupaten dan kota.

Sedangkan Kutim berada dalam lintas kecamatan. Sehingga hanya membutuhkan tipe C. Seperti transportasi Angkutan Kota (Angkot), bus lintas kecamatan dan taksi.

Dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Ihsanuddin Syerpi, Kutim tak lagi memiliki terminal semenjak diambil alih provinsi. Peran dishub saat hanya sebatas pengawas semata.

“Jadi terminal di Sangatta Selatan sudah diambil alih provinsi. Kami hanya sebatas pengawas saja,” ujar Kadishub Kutim, Ihsan.

Karena statusnya sudah provinsi, maka semua fasilitas penunjang maupun Sumber Daya Manusia (SDM) terminal secara otomatis menjadi kemenangan provinsi.

“Jadi semua statusnya provinsi. Kita (Kabupaten) tidak lagi memiliki wewenang selain pengawasan saja,” katanya.

Sedangkan terminal lintas kecamatan, Ihsanuddin mengaku akan tetap memperjuangkan. Wacananya  dibangun di Pasar Induk Sangatta (PIS). Hanya saja lokasi pastinya belum ditentukan.

“Kami akan bangun juga (Terminal). Terminal ini khusus untuk melayani lintas kecamatan dan kota. Sehingga mereka memiliki wadah untuk berkumpul. Kalau saat ini kan bus bus tidak memiliki tempat. Kalau sudah ada terminal enak juga,” katanya. (dy)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button