Bontang

Ratusan Siswa Kelas IX Diajarkan Berkarakter

BONTANG – Ratusan siswa kelas IX SMP Negeri diberi pelajaran pendidikan karakter yang bertujuan untuk memberikan tekanan pada nilai-nilai tertentu. Pemkot Bontang pun berharap materi yang diberikan oleh para narasumber dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa yang menerimanya.

Pembukaan Roadshow Bontang Bangun Karakter Pelajar se-Kota Bontang dilakukan di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Kamis (16/11) kemarin.

Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Bontang, Emlizar mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan Roadshow Bontang Bangun Karakter Pelajar pada Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang sebagai penyelenggaranya. Pihaknya mengharapkan program tersebut dapat meningkatkan moral serta akhlak siswa-siswi di Bontang.

“Pendidikan karakter diarahkan untuk memberikan tekanan pada nilai-nilai tertentu seperti rasa hormat, tanggung jawab, jujur, peduli dan adil agar dapat memahami, memperhatikan dan melakukan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka sendiri,” jelas Emlizar dalam sambutan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Kamis kemarin.

Dikatakan Emlizar, tujuan dari pendidikan karakter ini untuk membantu anak-anak remaja agar memiliki sifat peduli dan jujur, berpendirian, bertanggung jawab, berjiwa pemimpin, bersikap mandiri, kreatif dan berwawasan luas. Pasalnya, budaya asing memang sangat mempengaruhi anak. Oleh karenanya, anak-anak harus bisa menyaring budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya dan karakter Indonesia. Sehingga faktor pendidikan karakter ada di keluarga dan lingkungan. “Tak hanya itu, peran lingkungan sekolah dalam pendidikan karakter juga sangat diperlukan,” ujarnya.

Karena di sekolah, para pelajar bisa menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai yang baik untuk membantu membangun karakter mereka. Misalnya, dikatakan Emlizar dengan cara kerja sama, keberagaman, kejujuran, menangani kecemasan, membantu orang lain, persahabatan, cara belajar, menejemen konflik, pencegahan penggunaan narkotika dan lainnya.

Di samping itu, peran keluarga dalam pendidikan karakter juga sangat berpengaruh. “Di lingkungan keluarga anak bisa diajarkan untuk membuat pilihan dan keputusan, memberitahu perbuatan yang baik dan buruk, serta tidak memakai fisik dalam mendidik anak,” ungkap dia.

Sehingga, ketika pendidikan karakter diajarkan sejak dini, diharapkan dapat membuat anak-anak dan para remaja menjadi pribadi yang berkarakter baik. “Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangatlah penting bagi anak-anak kita. Karena jika anak-anak dididik karakternya sejak dini , kemungkinan besar, mereka akan sukses di masa dewasanya nanti dan menjadi pribadi yang berkarakter terpuji,” harapnya.

Emlizar meminta partisipasi aktif dari para peserta agar kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan berdampak positif serta menambah wawasan para pelajar.

Narasumber dalam acara membangun karakter pelajar se-Kota Bontang tersebut yaitu Reni Murni. Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang, Akhmad Suharto, Kabid SMP Disdik Bontang Usman serta Kasi Kurikulum SMP Safaruddin.(mga)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button