Bontang

Rehab Jalan Juanda Telan Rp 99 Juta

BONTANG – Perbaikan Jalan Juanda yang terletak di simpang tiga Gunung Sari menelan dana Rp 99 juta dari APBD Perubahan 2017. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK), Tavip Nugroho, mengatakan, proses rehab dilakukan dengan pengecoran terhadap titik yang berlubang dan kerap tergenang air bila musim hujan.

“Dengan di-rigid pavement di tempat tersebut akan lebih tahan dan aman,” kata Tavip saat dihubungi Bontang Post, kemarin (25/11).

Menurutnya, kerusakan terjadi akibat limpahan air yang tak diimbangi dengan sistem pembuangannya. Hal itu menyebabkan aspal mudah terkelupas.

Jumlah dana yang dianggarkan tidak dibarengi dengan sistem drainase di area tersebut. Mengingat, pengerjaan ini terbatas akan waktu serta kondisi keuangan daerah yang sedang mengalami defisit. Bahkan struktur pengecoran nantinya tidak terjadi penambahan ketinggian.

“Levelnya sama dengan existing,” tambahnya.

Sehubungan dengan durasi, pengerjaan akan berakhir pada akhir tahun ini. Dipaparkannya kontraktor akan melakukan penggalian setebal cor beton. Setelah itu proses pengecoran dengan pemasangan besi.

“Kalau hari ini (kemarin, Red.) pengecorannya menunggu pengeringan. 3 pekan lagi baru bisa dibuka,” paparnya.

Ia menjamin dengan pengecoran ini akan mampu menahan tonase kendaraan yang melintas. Pasalnya, Dinas PUPRK sudah melakukan perhitungan dan kajian sebelum proyek berjalan.

Sebelumnya diwartakan, akibat adanya pengerjaan jalan di simpang tiga bukit indah, maka sejak Jumat (24/11), akses menuju Jalan Ir Juanda ditutup sementara oleh Satlantas Polres Bontang. Penutupan ini direncanakan akan berlangsung selama dua pekan ke depan.

Kapolres Bontang AKBP Dedi Agustono melalui Kasat Lantas AKP Irawan Setyono mengatakan, meski ditutup, bagi masyarakat dari Jalan Ahmad Yani yang akan menuju daerah Bukit Indah atau Rawa Indah, tetap bisa diakses melalui Jalan H Habibon. Begitu pula sebaliknya. Bagi masyarakat dari Bukit Indah atau Rawa Indah yang ingin menuju wilayah Gunung Sari, dapat melalui akses Jalan Habibon atau BTN KCY. (*/ak)

 

 

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button