Bontang

Drainase dan Kondisi Jalan Buruk

BONTANG – Kemarin (27/11) Komisi III DPRD menggelar inspeksi mendadak (sidak) terkait drainase dan kondisi jalan yang buruk di RT 19 Kelurahan Gunung Elai. Ketua Komisi III Rustam HS mengatakan, sidak ini digagas berdasarkan hasil silahturahmi Forum RT Gunung Elai yang terjadi beberapa waktu lalu, yang dihadiri oleh ketiga ketua komisi.

Ia mendapat laporan dari ketua RT jikalau drainase kerap tersumbat. Dari hasil pantauan komisi III, air tidak mengalami pergerakan. Bahkan di salah satu persimpangan di kawasan tersebut, air meluber ke jalan. “Air parit tidak ada pergerakan, sepertinya paritnya ini datar tidak sesuai elevasinya,” kata Rustam.

Kondisi ini diperparah dengan infrastruktur Jalan Labu Siam yang belum mengalami pengecoran atau masih tanah liat. Hal ini membuat akses masyarakat terhambat ketika musim hujan tiba, maka jalanan akan licin dan tidak bisa dilewati.

Baca Juga:  Tiga Fraksi Minta Pegawai Disejahterakan

Politikus Golkar ini menyebut, kesalahan terletak pada legislator yang jarang turun ke daerah tersebut. Pasalnya, wakil rakyat ini menilai kawasan ini masuk area perumahan HOP.

“Kesalahan kami tidak pernah turun karena saya pikir ini masuk HOP. Tapi janji saya sudak saya turuti untuk meninjau ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT 19 Dera Gervasius mengungkapkan, kawasan ini dihuni oleh 136 kepala keluarga atau sekitar 400 warga. Ketika hujan turun, maka air sungai meluap sedangkan drainase tidak berjalan optimal. Otomatis kawasan yang dikelilingi rawa dan dekat tempat pembuangan air  akan banjir.

“Bila hujan tiba, saat daerah lain tidak banjir di sini sudah banjir. Apalagi waktu banjir beberapa hari yang lalu sampai setinggi leher tingginya,” kata Dera.

Baca Juga:  Bangun Budaya Tertib Lalu Lintas di Bontang

Rencananya, persoalan drainase RT 19 Gunung Elai akan dibawa dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) hingga tingkat kota untuk diprioritaskan. Harapannya, agar mampu menekan banjir di wilayah tersebut. (*/ak)

 

Tags

Related Articles

Back to top button
Close