Bontang

Tanaman Mirip Bunga Bangkai Bikin Heboh 

BONTANG – Warga Jalan Pontianak 2, RT 23, Kelurahan Gunung Telihan, tiba-tiba saja dihebohkan dengan kemunculan tanaman mirip bunga bangkai. Bunga berwarna kemerah-merahan itu tumbuh di pekarangan belakang rumah Ketua RT 23, Sayuti. Jenisnya yang langka serta bentuknya yang unik, menjadikan bunga yang memiliki marga Amorphophallus itu pun menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar untuk melihat langsung sekaligus mengabadikannya lewat kamera ponsel.

Pemilik rumah, pasangan Sayuti dan Suhartini mengaku baru mengetahui keberadaan bunga ini sekira sepekan yang lalu. Awalnya, dia diberi tahu oleh salah satu tetangganya bernama Ani Farida,  jika di belakang rumahnya tersebut tumbuh bunga bangkai.

“Dulu waktu ukurannya masih kecil, saya kira jamur biasa. Ternyata saat sudah mulai tumbuh, baru ada tetangga yang memberi tahu saya kalau itu bunga bangkai,” ujarnya kepada Bontang Post, Minggu (31/12) lalu.

Ditambahkan suaminya, Sayuti, kemunculan tanaman mirip bunga bangkai ini merupakan yang kedua kalinya di belakang rumahnya. Kata dia, sekira setahun yang lalu tanaman serupa juga sempat muncul di belakang rumahnya. Hanya saja, karena banyak dipegang-pegang dan dibuat main oleh anak-anak warga sekitar, akhirnya bunga itu pun mati.

“Saya juga heran kok bisa tumbuh. Padahal dulu saya awalnya hanya tanam penitu. Tiba-tiba yang muncul justru bunga itu,” ujarnya heran.

Pria yang juga Ketua RT 23 Telihan itu mengaku, saat ini dirinya belum memikirkan langkah ke depan mau diapakan tanaman tersebut. Untuk sementara, dia hanya membiarkan bunga tersebut tumbuh. “Belum tahu mau diapakan. Nanti kalau memang harus dipagari ya kami pagari nanti biar tidak diganggun anak-anak,” sebutnya.

Dari pengamatan Bontang Post di lokasi tempat tumbuhnya, bunga tersebut tingginya sekira 40 sentimeter. Meski bunganya berwarna kemerah-merahan, namun batang bunganya justru berwarna hijau. Kondisi bunganya tampak layu dan sesekali bagian tengah bunga tampak dikerumuni oleh serangga-serangga kecil. Meski begitu, tak ada bau yang dikeluarkan oleh bunga tersebut. (bbg)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags
Back to top button