Breaking News

Obesitas Pengaruhi Tingkat Kecerdasan. Kok Bisa?

OBESITAS berbahaya bagi kesehatan. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, kabarnya kondisi ini juga berdampak buruk pada kecerdasan.

Tingkat kecerdasan seorang individu umumnya diukur menggunakan intelligence quotient (IQ). Anggapan yang dianut adalah semakin tinggi IQ seseorang, semakin cerdas orang tersebut.

Lalu bagaimana hubungan antara obesitas dan kecerdasan?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan American Academy of Neurology mengungkapkan bahwa semakin tinggi body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT) seseorang, semakin rendah performa pada pemeriksaan kognitif.

Selain penelitian tersebut, masih ada banyak penelitian lainnya yang juga menyimpulkan bahwa obesitas dikaitkan dengan nilai IQ yang lebih rendah.

Namun, penelitian dari Kanazawa et al pada 2014 menyampaikan bahwa hubungan sebab/akibat pada obesitas dan kecerdasan belum bisa ditentukan secara pasti.
Menurut studi ini, IQ rendahlah yang meningkatkan kemungkinan terjadinya obesitas, bukan sebaliknya.

Selain itu, para pakar juga menyampaikan bahwa kecerdasan merupakan hal yang mulai bisa diamati sejak usia yang sangat dini, dan pergerakannya cukup stabil seiring dengan bertambahnya usia.

Di sisi lain, obesitas merupakan sesuatu yang bisa terjadi pada usia berapa saja.Sampai saat ini, salah satu faktor yang sudah terbukti berkaitan dengan kecerdasan adalah faktor genetik (keturunan).

Namun, mengenai pengaruh obesitas pada penurunan kecerdasan memang masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut dan mendalam.(NB/RH/klikdokter/chi/jpnn)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags
Back to top button