Breaking News

Waspada! ISPA Mengancam Anak

SANGATTA – Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) rentan menyerang anak-anak di Kutim. Diperkirakan ribuan anak yang terserang penyakit ini sepanjang tahun 2017.

Eko Handoyo kepala UPT Puskesmas Sangatta Selatan mengungkapkan, terhitung sejak tahun 2017, kurang lebih seribu pasien yang menderita ISPA datang berobat.

“Pasien ISPA banyak, untuk datanya saya kurang tau pasti. Yang jelas ribuan dan diantaranya banyak menyerang anak-anak” ucap dokter Eko sapaan akrabnya.

Menurut pemaparannya, penyakit ISPA terjadi karena beberapa faktor. Seperti musim pancaroba, debu, influenza, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bahkan dari status gizi dan imunisasi.

“Kalau masyarakat rajin imunisasi juga bisa jaga kesehatan pasti daya tahan tubuhnya baik dan tidak terserang ISPA,” ungkapnya

Selain itu ISPA dapat disebabkan oleh asap rokok dan debu.  Penyakit ini pun tidak mengancam jiwa, kecuali ada penyakit bawaan seperti asma.

“Penyakit seperti ini tuh dapat menyerang siapapun. Jadi hindarilah asap rokok dan upayakan memakai masker ketika berkendaraan” tuturnya.

“Juga membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” sambungnya.

Pihak puskesmas Sangatta Selatan selalu membuka layanan pasien yang terinfeksi penyakit tersebut.

“Kalau saja ada yang terinfeksi dibawa aja ke sini. Dan semoga saja jumlah pasien semakin berkurang” tutupnya. (*/lel)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button