Breaking News

Ini Saat dan Cara yang Tepat untuk Mencuci Seprei

Saat tidur, seprai menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan efek nyaman. Lalu, yang menjadi pertanyaan penting adalah seberapa sering kamu mencuci seprei? Meskipun terlihat tenang dan nyaman, tetapi kamu harus tahu apa yang bersembunyi di balik seprei kamu.

Tak lama setelah kamu menempatkan satu set seprai baru di atas tempat tidur, mereka akan mulai mengumpulkan bakteri, sel kulit mati, minyak kulit, tungau debu, kotoran, jamur, keringat, dan bahkan sisa-sisa kosmetik. Dan jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan di atas tempat tidur, maka remah-remah makanan yang tak tersisa dapat menarik kedatangan parasit.

Seperti yang dilansir melalui safebee.com, Philip Tierno mengatakan bahwa kuman yang terakumulasi saat kamu lama tak mencuci seprei dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti reaksi alergi terhadap infeksi kulit. Nah, untuk mendapatkan seprei yang hiegenis, berikut ini merupakan empat tips yang diberikan oleh para ahli.

Mencuci seprei seminggu sekali
Kelly Reynolds, seorang profesor mikrobiologi menyarankan untuk mencuci seprei setiap seminggu sekali. Tetapi, jika kamu berkeringat lebih banyak atau memiliki hewan peliharaan yang senang bermain di atas tempat tidur, ada baiknya untuk mencuci seprei dua kali seminggu.

Menggunakan air hangat
Jika kamu mencuci seprei dengan menggunakan mesin, maka ada baiknya kamu mencuci dengan menggunakan pengaturan “sanitize”. Reynolds menyarankan untuk mencuci seprei dengan durasi yang lama sekaligus menggunakan air bersuhu tinggi. Jika kamu mencuci dengan cara manual, maka kamu bisa mencuci dengan menggunakan air panas. Ini karena air panas akan membantu membunuh kuman pada seprei.

Tendang keluar kuman
Menambahkan pemutih untuk mencuci seprei adalah salah satu cara yang disarankan oleh Reynold. Pemutih pakaian dapat membantu membunuh virus yang menempel pada seprei. Caranya, kamu cukup menambahkan sedikit pemutih saat mencuci seprei. Sayangnya, trik ini tak sesuai digunakan pada seprei berwarna yang akan luntur jika menggunakan pemutih.

Tunggu seprei hingga kering
Jika kamu menyukai bau udara segar dan sinar matahari pada seprei, cobalah untuk menjemur seprei kamu di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet matahari bertindak sebagai pembasmi kuman alami. Jika kamu tak memiliki kesempatan untuk mengeringkannya di bawah sinar matahari, maka kamu bisa menggunakan pengaturan pengering bersuhu tinggi (mesin cuci).(net)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags
Back to top button