Bontang

PPL “Wajib” Jaga Integritas

BONTANG – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bontang Utara telah melantik 6 Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan (PPL) setelah melalui rangkaian seleksi beberapa waktu lalu. Menurut Ketua Panwascam Bontang Utara, Junaedi PPL terpilih perlu menjaga integritasnya untuk tidak dekat dengan salah satu pasangan calon dalam momen Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan berlangsung pertengahan tahun ini.

“Yang biasanya sering nongkrong dengan calon maupun tim sukses untuk minum kopi mohon sekarang tidak dilakukan lagi,” kata Junaedi dalam sambutannya, kemarin (18/1).

Selain itu, mengingat bulan depan merupakan penetapan calon peserta Pilgub, maka perlu kerja extra dari PPL. Salah satunya akan berdampak pada pengurangan jam tidur. Ia juga mengimbau agar telepon tidak dinonaktifkan kapanpun itu.

“Telepon harus standby 24 jam. Tugas dan kewajiban telah menunggu yang semula tidur dulu nyenyak, sekarang jamnya bakalan berkurang tetapi stamina harus tetap terjaga,” tambahnya.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh salah satu Komisioner Panwaslu, Aldy Artrian. Dalam sambutannya, ia juga menekankan perlunya para PPL memiliki integritas yang kuat. Mengingat intregritas merupakan komponen fundamental yang wajib dimiliki oleh panitia pengawas pemilu.

Ia juga berpandangan setiap pekikan ikrar dan sumpah yang telah digaungkan oleh PPL terpilih, mempunyai konsekuensi yang besar. Diantaranya terkait hak pengurangan hak istirahat dan bersosialisasi dengan pasangan calon maupun tim sukses.

“Kalau kompetensi sehubungan dengan perundang-undangan Pemilu itu bisa di-upgrade. Tetapi terkait integritas itu tidak ada toleransi,” kata Aldy.

Akan tetapi, ia tetap mengimbau kepada para PPL agar bekerja dengan hati dan mengedepankan profesionalitas. Mengingat bila fungsi kinerja di tingkat kelurahan tidak baik akan berdampak di tingkat atasnya.

“Kalau fungsi kerja tidak dilakukan secara baik maka di tingkat kecamatan maupun kota bakal lumpuh,” tambah Aldy.

Aldy juga menuturkan terkait masa bakti dari PPL ini sendiri akan berakhir satu bulan setelah Pilgub dilaksanakan. Hingga kini, belum ada arahan dari Bawaslu apakah nantinya menggunakan mekanisme perpanjangan surat keputusan atau melakukan rekrutmen ulang.

Keenam PPL ini akan bertugas di setiap kelurahan yang ada di Bontang Utara yakni Gunung Elai, Bontang Baru, Bontang Kuala, Loktuan, Guntung, dan Api-Api. Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Camat Bontang Utara Zemmy Hasz, Kapolsek Bontang Utara Iptu Muklas Haryanto, serta Lurah Loktuan Sofyansah.  Acara pelantikan ini berlangsung di Ruang Pertemuan Hotel Raodah.

Sebelumnya, Panwascam Bontang Utara membuka pendaftaran untuk PPL ini beberapa waktu yang lalu. Dari 9 orang pendaftar dikerucutkan menjadi enam melalui tahapan seleksi wawancara. (*/ak)

ENAM ANGGOTA PANITIA PENGAWAS PEMILU KELURAHAN (PPL) SE-KECAMATAN BONTANG UTARA

NO          NAMA                        KELURAHAN
1       ALFIANSYAH HASAN    GUNUNG ELAI
2        ISWAN MUSTAFA          BONTANG BARU
3         SYAHRIL                       BONTANG KUALA
4         PASINRANGI                LOKTUAN
5         KAHAR MUZAKKAR    GUNTUNG
6          DANIEL PASARIBU      API-API

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Baca Juga

Close
Back to top button