Breaking News

ASTAGA! Perokok Pasif Rentan Terkena Kanker Payudara

PERINGATAN Hari Kanker Sedunia mengajarkan kita agar selalu waspada supaya tidak terancam dengan penyakit ganas tersebut. Salah satu paling cara terpenting yakni menjauhi asap rokok di lingkungan Anda alias jangan menjadi perokok pasif.  Faktanya kanker adalah penyebab utama kematian terbesar di seluruh dunia, terhitung 8,8 juta kematian pada tahun 2015. Penyebab paling umum kematian akibat kanker adalah kanker paru-paru, hati, kolorektal dan perut, payudara.

Banyak sekali penyebab terjadi kanker di era modern. Paling sering yakni akibat gaya hidup tak sehat, serta kebiasaan merokok aktif maupun pasif. Setiap tahun, banyak kasus baru penyakit kanker yang diderita oleh perokok pasif. Selama beberapa dekade ke depan, jumlah pasiennya diperkirakan meningkat 70%.

Secara global, hampir satu dari enam kematian manusia disebabkan oleh kanker. Sekira 70% kematian akibat kanker terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Juga sepertiga kematian akibat kanker karena faktor risiko perilaku dan diet dengan indeks massa tubuh tinggi, asupan buah dan sayuran rendah, kurangnya aktivitas fisik, penggunaan tembakau dan penggunaan alkohol.

Dilaporkan, penggunaan tembakau adalah faktor risiko kanker yang paling tinggi, karena selama ini mengakibatkan angka kematian sekira 22%. Hal itu terjadi di kalangan perokok aktif dan pasif. Para perokok pasif rentan terancam dengan kanker paru ganas. Selain itu, mereka juga mudah terserang kanker payudara, yang bisa dialami pria dan wanita.

Di samping itu, ada infeksi akibat kanker, seperti hepatitis dan human papilloma virus (HPV). Sekira 25% kasus kanker tersebut, lagi-lagi terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Pada tahun 2017, hanya 26% negara berpenghasilan rendah yang dilaporkan memiliki layanan patologi yang umumnya tersedia di sektor publik. Lebih dari 90% negara berpenghasilan tinggi melaporkan bahwa layanan pengobatan tersedia, dibandingkan dengan kurang dari 30% negara berpendapatan rendah. Karena itu, setiap orang wajib melakukan pencegahan dini terhadap penyakit kanker jenis apapun. Termasuk tidak menjadi perokok pasif di mana saja.

Selain itu, Anda juga harus ingat trik cerdik yang digagas oleh pemerintah. Antara lain, cek kesehatan berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet seimbang, istirahat cukup dan kebiasaan baik lainnya yang dapat mencegah penyakit mematikan ini. Demikian dilansir Zeenews, Senin (5/2). (net)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags
Back to top button