Bontang

Hanura Pecah, Basri Pindah

BONTANG – Perpecahan yang terjadi di internal Partai Hanura telah membuat banyak kader berpikir untuk pindah ke partai lain. Salah satunya yang santer, desas-desus kepergian Basri Rase dari Hanura. Hal ini pun ditanggapi dingin oleh Ketua DPC Hanura Bontang versi Oesman Sapta Odang (OSO), Hendra Wijaya. Pria yang terpilih di detik-detik akhir proses verifikasi faktual partai politik yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan, bakal menyiapkan kepengurusan baru dalam waktu dekat.

Hendra menegaskan menghormati keputusan Basri sehubungan dengan hak memilih partai politik. Mengingat terbentuknya NKRI di tahun 2945 Negara Indonesia menjunjung tinggi pelaksanaan Hak Asasi Manusia (HAM). Bahkan hal tersebut diatur dalam UUD 1945.

“Sah-sah saja pak Basri bila memilih berpindah ke partai lain, karena itu hak dia sebagai warga negara,” kata Hendra.

Dalam waktu dekat, Hendra bakal menyiapkan kepengurusan baru mengingat 80 persen kader Hanura saat ini merupakan gerbong dari Basri Rase. Dikatakannya wewenang perombakan telah diberikan kepadanya dari DPP dan DPD.

Ia menyakini pengurusan baru nantinya lebih solid dan loyal guna membangun partai lebih baik lagi. Adapun syarat yang dicanangkan bagi pengurus baru yakni bersedia mengikuti aturan yang tertuang dalam anggaran dasar dan rumah tangga Partai Hanura. Langkah koordinasi juga bakal dilakukannya guna mengakomodir kader yang masih ingin tetap bertahan di partai bentukan Wiranto tersebut.

“Yang pasti mau berjuang bersama-sama untuk Hanura agar lebih baik ke depannya dan menjadi tiga partai terbesar di Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya, proses keluarnya Basri Rase dari Hanura tidak menganggu kesiapan menjelang Pilgub yang akan dihelat bulan Juni nanti. DPC Hanura Bontang bakal bergerak cepat untuk melakukan konsolidasi serta mempersiapkan segala sesuatu yang berkenaan dengan pelaksanaan pesta demokrasi ini.

“Kami tetap optimistis mendukung pasangan Rusmadi Wongso dan Safarudin, sesuai perintah DPP dan DPD Partai Hanura. Bukan ke pasangan calon lainnya,” ucapnya.

Isu yang berkembang, Basri Rase akan berlabuh ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun ketika Bontang Post menanyakan langsung terkait hal itu, ia enggan menjawabnya. Konon informasi yang beredar, berlabuhnya Basri di PKB bakal menempati posisi Ketua DPC secara langsung. “Nanti ya soal itu (perpindahan partai, Red.) tunggu beberapa hari saja,” tukas Basri. (*/ak)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Baca Juga

Close
Back to top button