Breaking News

Panwaslu Periksa Timses JADI 

SAMARINDA – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Samarinda melakukan pemanggilan terhadap salah seorang tim sukses pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Syaharie Jaang dan Awang Ferdian Hidayat (JADI), Selasa (20/2) kemarin.

Pemanggilan dilakukan untuk meminta keterangan tim sukses terkait pelaksanaan deklarasi paslon JADI pada Rabu (14/2) lalu, di Halaman Parkir Stadion Madya Sempaja Samarinda. Proses klarifikasi di mulai sejak pukul 15.00 Wita, dengan melontarkan beragam pertanyaan pada perwakilan tim sukses paslon JADI.

“Benar kami melakukan pemeriksaan salah seorang tim sukses paslon nomor dua,” kata Ketua Panwaslu Samarinda, Abdul Muin. Disinggung soal nama seorang tim sukses JADI yang diperiksa, dia beralasan masih dirahasiakan.

“Kami tidak bisa mempublikasikan namanya. Kita sama-sama jaga agar tidak menimbulkan polemik. Yang pasti ada pemanggilan untuk meminta keterangan soal deklarasi paslon nomor dua,” ucapnya.

Ia menegaskan, pihaknya tidak melakukan pemeriksaan, hanya meminta keterangan dan klarifikasi. “Kami panggil untuk menggali keterangan terkait deklarasi, karena kami melihat ada indikasi kampanye dalam pelaksanaan deklarasi itu,” jelas Muin.

Sebelum melakukan pemanggilan, pihaknya sudah memiliki alat bukti terkait pelaksanaan deklarasi yang dilaksanakan paslon JADI. “Dari hasil pemeriksaan itu, ada bukti yang coba kami olah dan lengkapi. Maka salah satu caranya adalah melakukan klarfikasi, sehingga bisa didapatkan keterangan dari tim sukses,” ujarnya.

Selain itu, pemanggilan dilakukan untuk mendapatkan alat bukti. Sehingga dugaan tersebut terkonfirmasi benar atau salah. Ia menegaskan, Panwaslu tidak memiliki tendensi untuk menyudutkan tim sukses JADI, karena hal tersebut murni untuk mendapatkan keterangan sesuai mekanisme kerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Hasil dari klarifikasi itu tidak bisa kami sampaikan dulu pada publik. Yang pasti kami memanggil agar mendapatkan alat bukti yang kuat, supaya dugaan kami memiliki dasar yang jelas,” ucapnya. (*/um)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Baca Juga

Close
Back to top button