Bontang

Bonceng Anak Tanpa Gunakan Helm, Satlantas Tegur 100 Pengendara

BONTANG – Sebanyak 100 pengendara motor yang kedapatan membonceng anak di bawah umur dengan tidak menggunakan helm langsung diberi teguran oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bontang. Peneguran diberikan secara tertulis saat Polantas Bontang yang melakukan pengaturan lalu lintas di pagi hari.

Kapolres Bontang, AKBP Dedi Agustono melalui Kasat Lantas Polres Bontang Irawan Setyono mengatakan pada Jumat (23/2) kemarin pihaknya langsung memberikan peneguran secara tertulis kepada pengendara yang membawa anak tanpa menggunakan helm. “Masih banyak pengendara roda 2 yang belum mematuhi aturan menggunakan helm depan belakang,” jelas Irawan, Jumat (23/2) kemarin.

Dikatakan Irawan, tujuan peneguran itu dilakukan unutk menekan fatalitas kecelakaan pada anak-anak. Pasalnya, banyak anak-anak di bawah umur yang dibonceng orang tuanya mengabaikan penggunaan helm. Sehingga, hal itu menjadi salah satu dari 7 target program penindakan pelangaran prioritas.

Mulai dari helm SNI, safety belt, pelanggaran handphone, pelanggaran dan kecepatan, drink and drive atau pengaruh alkohol dan narkoba, child restrain, serta melawan arus. “Sebelumnya kami sudah kampanyekan wajib helm depan belakang termasuk anak-anak,” ujarnya.

PEDULI: Polantas Bontang membagikan spanduk yang bertuliskan ajakan memakai helm SNI.(Polres Bontang for Bontang Post)

Kampanye wajib helm depan belakang juga dilakukan di sekolah-sekolah. Baik itu anak-anak TK, SD, SMP, hingga SMA. Saat kampanye juga Polantas Bontang membagikan spanduk yang bertuliskan ajakan memakai helm SNI. Serta pernyataan bahwa sissa siswi akan menaati aturan dengan menggunakan helm SNI. “Maret, kami akan mulai memberikan tilang jika masih ada pelanggaran tidak memakai helm pada anak-anak,” pungkasnya. (mga)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button