Breaking News

Hari Ini, Sofyan-Rizal Daftar ke KPU 

SAMARINDA – Partai Golkar dan NasDem Kaltim akan mendaftarkan Andi Sofyan Hasdam dan Rizal Effendi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di KPU Kaltim, Sabtu ((3/3) hari ini. Pendaftaran ulang itu sebagai tindak lanjut pasca meninggalnya Nusyirwan Ismail sebagai calon wakil gubernur dari Sofyan Hasdam.

Atas hal itu, KPU mengingatkan agar tim sukses dan partai pengusung dapat melengkapi semua berkas pendaftaran. Terutama berkas milik Rizal Effendi yang menggantikan posisi mendiang Nusyirwan. Hal itu disampaikan anggota Komisioner KPU Kaltim, Ida Farida, Jumat (2/3) kemarin.

Wanita berkerundung ini menjelaskan, sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Kepala Daerah, memiliki syarat yang tidak berbeda jauh sebagaimana syarat pencalonan calon gubernur dan wakil gubernur yang telah ditetapkan KPU.

Diantara syarat sebagaimana dimaksud dalam pasal 4, cawagub harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat pada pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, bukan mantan narapidana, dan tidak pernah melakukan perbuatan tercela.

Selain itu, di pasal 80 ayat 3 disebutkan, penggantian harus mendapat persetujuan pimpinan pusat partai pengusung. “Persyaratan pencalonannya harus tetap ada, yakni rekomendasi yang ditandatangani DPP partai pengusung,” kata Ida.

Selain itu, cawagub pengganti juga harus melengkapi syarat Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), surat kelakuan baik, surat cuti/non-aktif dari jabatan wali kota, dan tidak memiliki hutang pribadi/badan hukum yang merugikan keuangan negara.

“Partai pengusung juga harus melengkapi syarat keterangan meninggalnya Pak Nusyirwan dari pemerintah setempat,” ucapnya.

Hanya saja, penggantian calon memiliki perbedaan dari segi tenggang waktu yang diberikan untuk masa perbaikan berkas pencalonan. “Nanti setelah cawagub mendaftar di KPU, tidak ada lagi masa perbaikan berkas. Jadi syarat pendaftarannya harus komplit,” tegasnya.

Setelah pendaftaran cawagub pengganti, KPU akan melakukan verifikasi. Sedangkan pemeriksaan kesehatan cawagub akan dilakukan sebagaimana pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terhadap tiga paslon lainnya.

Sejauh ini, kata Ida, KPU sudah berkoordinasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AW Syahranie. Rizal akan diperiksa kesehatannya paling lambat tujuh hari setelah Nusyirwan dinyatakan berhalangan tetap atau meninggal dunia. “Tes kesehatan bisa dilakukan hari Senin,” ungkapnya.

Wakil Ketua Tim Pemenangan AN-NUR, Marwan memastikan, partai pengusung sedang melengkapi seluruh syarat pendaftaran cawagub di KPU. Pihaknya akan mendaftarkan Rizal di KPU besok pukul 10.30 Wita.

“Surat keterangan meninggalnya Pak Nusyirwan sudah kami dapatkan dari kantor camat. Syarat lain sedang kami lengkapi. Insyaallah besok (hari ini, Red.) sudah lengkap semua,” ujarnya. (*/um)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button