Breaking News

Rizal Jalani Pemeriksaan Kesehatan 

SAMARINDA – Setahap demi setahap tes dilalui Rizal Effendi untuk memenuhi syarat sebagai bakal calon wakil gubernur (cawagub) untuk mendampingi calon gubernur (cagub) Andi Sofyan Hasdam. Salah satunya, Wali Kota Balikpapan itu melakukan tes kesehatan, Senin (5/3) kemarin pagi.

Di bawah pendampingan sejumlah dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AW Syahranie, pria yang pernah menekuni profesi sebagai kuli tinta itu menjalani beberapa rangkaian tes kesehatan. Antara lain pemeriksaan jantung, rontgen, hingga psikotes.

Khusus untuk psikotes, orang nomor satu di Kota Minyak itu dicecar dengan ratusan pertanyaan. Langkah itu untuk mengecek konsistensi kejiwaan politisi Partai NasDem Kaltim tersebut.

“Macam-macam (diperiksa, Red.) tadi. Terakhir tadi psikotes, mengisi daftar pertanyaan sampai  557 pertanyaan. Biasanya psikotes itu mengecek konsistensi kejiwaan,” kata Rizal kepada awak media usai menjalani tes kesehatan.

Pelaksanaan psikotes masih akan diikuti oleh Rizal sampai dengan Selasa (6/3) hari ini. Dengan lokasi yang sama di RSUD AW Syahranie. “Masih ada satu lagi psikotes lanjutan. Kemudian untuk pengumuman hasil tes dan penetapan tanggal 10 Maret mendatang,” ujarnya.

Disinggung soal cuti dirinya sebagai wali kota, Rizal mengaku sudah mengajukannya pada Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Termasuk surat cuti untuk melaksanakan umrah telah dia ajukan dan disetujui Gubernur.

“Saya mengajukan umrah tanggal 3 Maret. Tapi itu diundur waktunya. Kalau untuk cuti sebagai cawagub, setelah ada penetapan dari KPU Kaltim,” katanya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kaltim, dr Nataniel Tandirogang mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan terhadap Rizal meliputi dua aspek, yakni jasmani dan rohani. Selain itu, tim dokter juga berupaya memastikan cawagub pengganti mendiang Nusyirwan Ismail itu bebas dari narkoba.

“Dari segi fisik, kami memeriksa mata, telinga, hidung, tenggorokan, paru-paru, jantung, dan pemeriksaan laboratorium lainnya. Kemudian ada juga pemeriksaan USG (ultrasonography),” jelasnya.

Ia menambahkan, selama pemeriksaan kesehatan, tim dokter tidak menghadapi masalah sedikit pun. “Karena kami sudah terbiasa dan siap menjalani tes kesehatan ini. Selanjutnya kami akan periksa kesehatan beliau dari segi psikologis,” tutupnya. (*/um)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button