Advertorial

Pansus KEK MBTK Berkunjung ke Simalungun 

SANGATTA – Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Administrasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batota Trans Kalimantan (MBTK) DPRD Kutai Timur (Kutim) berkunjung ke Simalungun, Sumatera Utara, di Balai Harangguan Djabanten Damanik, belum lama ini.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan disambut hangat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Simalungun Gidion Purba, beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, di antaranya kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bapedda, PTSP,  Dispenda, Kabag dan beberapa staf lainnya.

Ketua Pansus KEK MBTK DPRD Kutim  mengucapkan terima kasih karena  rombongan mereka dapat disambut dengan baik. Dijelaskan pula maksud kedatangan rombongan adalah ingin belajar mengenai regulasi peraturan daerah (Perda) KEK Simangke.

“Kami ingin tahu, seperti apa penerapannya hingga terbentuknya menjadi Perda. Kemudian minta arahan dan petunjuknya, tentang masalah perizinan dan PAD (pendapatan Asli Daerah) serta dampaknya ke masyarakat, “jelas Rahmadi.

Lebih lanjut Rahmadi menjelaskan wilayah dan potensi yang ada di Kutim sangat besar, di antara tambang batu bara, migas, pariwisata, perkebunan, pertanian, dan peternakan. Serta lahan yang masuk dalam KEK sementara kurang lebih seribu hektar.

Sementara itu, Sekda Simalungun Gidion Purba mengatakan, penyempurnaan Perda hingga penerbitan peraturan bupati (Perbup) KEK Simangke berlaku sejak 2014. Itu sudah dalam pengkajian yang begitu matang, hingga raperda tersebut akhirnya berhasil di perda-kan.

Setelah melalui rapat dan menerima penjelasan baik dari sekda, bapedda, kadis serta Sekretaris Administrator yang menangani masalah KEK di Semangke. Pansus Kutim saling bertukaran cindera mata serta melakukan foto bersama. (ver/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button