Bontang

Disdamkartan Bontang Raih Juara II

BONTANG – Prestasi membanggakan kembali ditoreh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang. Tahun ini bertepatan dengan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-99 Damkar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bawah pimpinan Mohammad Yani itu berhasil meraih juara II dalam lomba adu ketangkasan antar PMK se-Kaltim.

Bertempat di Stadion Bessai Berinta Jalan KS Tubun, Kelurahan Api-Api, lomba ini turut diikuti 6 PMK dari kabupaten/kota se-Kaltim. Di antaranya Bontang, Samarinda, Balikpapan, Kutai Timur (Kutim), Kutai Kartanegara (Kukar), dan Penajam Paser Utara (PPU). Dalam penampilannya, personel Disdamkartan Bontang berhasil menunjukkan skill terbaik dalam memadamkan api maupun penanggulangan terhadap korban.

Bertepatan di hari puncak HUT ke-99 Damkar pada Selasa (27/3) lalu, setelah pelaksanaan upacara kegiatan juga dirangkai dengan pengumuman sekaligus penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Dalam pengumuman yang dibacakan dewan juri, Disdamakartan Bontang berhasil meraih total 2.880 poin.

Pencapaian Bontang berbeda tipis saja dari Damkar Kutai Timur (Kutim) yang berhasil meraih total 2.960 poin. Dan di posisi ketiga diraih oleh Damkar Balikpapan yang berhasil mengumpulkan total 2.810 poin.

Menanggapi capaian ini, Kepala Disdamkartan Mohammad Yani mengaku senang dan bangga. Pasalnya selain bisa meraih juara, Bontang juga berhasil menjadi tuan rumah yang baik selama rangkaian HUT Damkar tahun ini.

“Tentu ini capaian yang cukup baik. Artinya SDM (Sumber Daya Manusia, Red.) Damkar kita (Bontang, Red.) memiliki kemampuan yang baik dalam memadamkan api dan melakukan penyelamatan. Sehingga mampu memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ke depan Mohammad Yani berharap prestasi ini bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Untuk merealisasikan hal tersebut, dirinya juga turut meminta dukungan dari semua pihak baik Pemkot, perusahaan-perusahaan, serta para stakeholder yang ada di Bontang.

Sebagai informasi, lomba ketangkasan HUT ke-99 Damkar ini sebelumnya dibuka langsung Wakil Wali Kota Basri Rase dalam upacara pembukaan, Minggu (25/3).

Kepala Disdamkartan Mohammad Yani mengatakan, lomba adu ketangkasan ini digelar dalam rangka mengasah kemampuan petugas Damkar dalam penanggulangan bencana kebakaran dan penyelamatan terhadap korban. Selain itu, lewat lomba ini sebagai wujud kesiapsiagaan petugas Damkar dalam melindungi serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Kami berharap kegiatan ini sekaligus bisa memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran sehingga dapat menekan musibah kebakaran,” ujarnya.

Dalam lomba adu ketangkasan ini, Disdamkartan turut menggandeng 3 perusahaan yang ada di Bontang sebagai juri lomba. Yakni dari PT Pupuk Kaltim, PT Indominco Mandiri, dan Badak LNG. Adapun penilaiannya melihat dari cara berpakaian, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), serta kecepatan dalam penanggulangan api dan penyelamatan api sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Selain lomba, rangkaian kegiatan HUT Damkar tahun ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya seminar dan ramah tamah, pameran kelengkapan dan peralatan pemadam kebakaran, serta pelaksanaan upacara HUT Damkar sebagai puncaknya. (bbg/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Related Articles

Back to top button