Bontang

Satu Soal UNBK Tak Bisa Diisi

SALAH satu soal Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tak dapat diisi. Pihak sekolah pun langsung melaporkan kejadian ini melalui formulir pelaporan dengan sistem online.

Soal yang tak bisa diisi tersebut terjadi di setiap ruangan di SMKN 1 Bontang. Namun, dari setiap ruangan hanya beberapa peserta UNBK saja yang mengalami masalah. Sehingga pihak sekolah yakni Kepala SMKN 1 Bontang Kasman Purba mengatakan, hanya melaporkannya dengan online dan membuat berita acara saja. “Tadi ada keluhan dari beberapa siswa karena ada satu soal yang jawabannya susah diklik, tetapi hanya satu nomor saja,” jelas Kasman, Senin (2/4) kemarin.

Untuk menangani permasalahan itu, Kasman atau pihak guru dan pengawas pun meminta para siswa yang salah satu soalnya tak bisa diklik untuk menggunakan tuts keyboard. Tetapi, Kasman menyebut itu pun hanya bisa digunakan jika peserta menjawab untuk pilihan A, B, C, dan D. Sedangkan jika peserta ingin menjawab pilihan ganda dengan E maka akan sulit dilakukan. “Ini kami laporkan melalui form laporan kasus, jadi dilaporkan secara online dan pakai berita acara juga,” ujarnya lagi.

Keluhan seperti itu, dikatakan Kasman tidak hanya di SMKN 1 Bontang saja. Tetapi, dirinya juga mendapatkan laporan dari SMK Putra Bangsa. Kemungkinannya soal yang tidak bisa diklik tersebut merupakan soal yang sama. Tetapi karena setiap siswa mendapat paket soal yang berbeda maka akan berbeda pada nomor soalnya. “Masing-masing siswa kan dapat paket soal yang berbeda, makanya dari setiap siswa yang bermasalah nomornya akan berbeda-beda. Tetapi guru menduga itu soal yang sama,” tukasnya. (mga)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Back to top button