Advertorial

Dukung Perwakilan Bontang Berlaga ke Provinsi  

BONTANG – Pemkot Bontang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang menggelar Apresiasi GTK PAUD Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Berprestasi, Rabu (18/4). Bertempat di Aula Pusat Layanan Autis, Jalan Tenis (eks Reformasi), Kelurahan Api-Api.

Turut hadir Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Asisten Administrasi Umum Sarifah Nurul Hidayati, Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti, SIK, SH, MSI, serta Kadisdik Bontang Akhmad Suharto beserta jajarannya.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari sosialisasi GTK PAUD Dikmas pada April lalu. Usung tema “Membangun Karakter Peserta Didik melalui Karya Nyata GTK PAUD dan Dikmas.” Tema ini mengusung tema sentral dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud).

Neni sangat menyambut baik setiap kegiatan yang difasilitasi Disdik Bontang, di bawah sub bidang PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK). Di mana, Bontang berhasil mencetak beberapa prestasi.

BERI DUKUNGAN: Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni berfoto bersama seluruh peserta Apresiasi GTK PAUD Dikmas Berprestasi sebelum memulai lomba.(ADI/HUMAS PEMKOT)

Sebagai guru dan tenaga kependidikan memiliki makna luas. Tenaga pendidikan ialah orang-orang yang mendidik seseorang menjadi lebih baik, seperti Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

“Dalam waktu dekat GTK Bontang akan mengikuti lomba ke tingkat provinsi. Tentunya, perwakilan Bontang bisa diperhitungkan, sangat disegani bila Bontang berbicara pendidikan,” ungkap Neni.

Ia mengimbau tenaga kependidikan harus memiliki akreditas. Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah. Dengan berbagai capaian prestasi yang diraih tenaga kependidikan, ia mewakili Pemkot Bontang sangat mengapresiasi.

“Ketika kita diamanahkan dalam profesi di bidang masing-masing, itu semua akan dimintai pertanggung jawaban oleh Tuhan. Bekerjalah secara maksimal,” kata dia.

Sambung Neni, metode kependidikan harus seimbang antara intelektual dan spiritual. Selipkan dengan kasih sayang perhatian kepada anak-anak. “Selamat mengikuti lomba, buktikan bahwa bapak ibu bisa menjadi yang terbaik. Untuk mencapai itu tidak mudah, harus belajar,” tutup Neni.

Sementara itu, Akhmad Suharti menerangkan, tujuan kegiatan apresiasi ialah memberikan penghargaan kepada para GTK PAUD Dikmas yang telah mengabdi serta berperan dalam penyenggaraan, pembelajaraan, dan pengelolaan satuan PAUD dan Dikmas di Bontang.

Juga menfasilitasi para GTK PAUD dan Dikmas sebagai penggiat pendidikan non formal di Bontang yang memiliki talenta, bakat, potensi, dan kemampuan agar lebih terarah serta terasah.

“Sekaligus menyiapkan GTK PAUD dan Dikmas yang mengikuti Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas tingkat Provinsi Kaltim. Insya Allah waktu pelaksanaan akan digelar 3 hari, Rabu hingga Jumat besok,” papar dia.

Jumlah peserta sebanyak 41 orang untuk 13 cabang kategori perorangan. PAUD diikuti 14 orang, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) 6 orang, dan LKP sebanyak 21 orang.

Tim juri PAUD dari unsur pengawas, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi). Tim juri LKP dari Disdik, Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI), dan LKP. Sementara tim juri PKBM dari Disdik, Forum PKBM, dan pengurus PKBM provinsi.

“Selamat bertanding, selamat berlomba. Bagi yang belum menang bisa memperbaiki kekurangannya,” tutur dia. (ra)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button