Bontang

Tekan Angka DBD, Giat Kerja Bakti

BONTANG –  Kelurahan Gunung Telihan merupakan daerah dengan angka tertinggi kasus demam berdarah dengue (DBD) di bulan ini. April ini Gunung telihan tercatat terpapar DBD sebanyak 3 kasus. Sebagai bentuk pencegahan agar tak bertambah, Lurah Gunung Telihan Viki Rizqi Riadis telah meminta semua RT agar melaksanakan giat kerja bakti rutin.

“Paling tidak satu bulan sekali melakukan kerja bakti di tiap RT,” kata Viki saat dihubungi Bontang Post, Jumat (27/4) kemarin.

Viki menyebut ada 11 lokasi yang rawan terhadap kasus DBD. Meliputi RT 12, 14, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 25, 26, dan 27. Bentuknya dengan membersihkan parit di sekitar warga tinggal. Nantinya pihak kelurahan akan mengelilingi beberapa lokasi tersebut.

Tak hanya itu, Viki juga mengimbau agar masyarakat mengecek dan menguras tempat penampungan air. Sehingga jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak. Dikatakannya, masyarakat juga dapat mengambil abate gratis di Puskesmas Bontang Barat.

Selain itu, kesadaran dan kepedulian masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga lingkungan. Sehingga dapat melawan ganasnya wabah DBD. Ia menilai pengasapan (fogging) kurang efektif dalam memberantas nyamuk Aedes Aegypti.

“Fogging hanya mampu membunuh nyamuk yang berukuran besar saja. Jadi tetap diperlukan kepedulian warga akan lingkungan sekitarnya,” ucapnya.

Ia juga menyatakan ada beberapa lokasi yang terdapat genangan air akibat sistem drainase yang buruk. Namun persoalan tersebut bakal segera terselesaikan setelah Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) turun melihat kondisinya. Diagendakan pengerjaan bakal dilaksanakan pada tahun ini.

“Sudah ditinjau langsung oleh jajaran DPKPP. Segera akan dilakukan perbaikan dan rekayasa aliran, agar berjalan lancar kedepannya,” tutur Viki.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes-KB),untuk bulan April tercatat 3 kasus penderita DBD di kelurahan Gunung Telihan. Sementara di bulan Januari dan Maret, masing-masing terdapat satu penderita. Total di tahun 2018 hingga 26 April sebanyak 5 orang dinyatakan positif DBD. (ak)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button