Breaking News

500 Personil Gabungan Disiagakan

Pengamanan Natal dan Tahun Baru

SANGATTA – Jalannya perayaan natal dan tahun baru 2017 bakal mendapatkan pengamanan ekstra ketat dari aparat kepolisian. Lewat gelar pasukan persiapan operasi lilin Mahakam tahun 2016, kepolisian resoert (Polres) Kutai Timur (Kutim) akan melibatkan sekitar 500 personil gabungan untuk mengawal kedua momen tersebut.

Ditemui usai memimpin apel, Kapolfes Kutim AKBP Rino Eko mengatakan personil gabungan tersebut nantinya akan disebar disejumlah titik pengamanan, serta di beberapa rumah ibadah. Setiap gereja nantinya akan dijaga oleh sekitar tiga atau empat personil.

“Untuk di Sangatta ada sekira 15 rumah ibadah yang sudah melaporkan kegiatannya ke kami. Tempat-tempat itu akan mendapatkan penjagaan dari anggota. Dan kegiatan seperti ini sudah biasa dan rutin dilakukan tiap tahun,” katanya, Kamis (22/12) kemarin.

Terkait maraknya penangkapan sejumlah oknum terduga teroris di sejumlah daerah, diyakinkan Rino tidak ada ditemukan di Kutim. Karena sebelum gelar pasukan dilakukan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah, TNI, dan instansi terkait, termasuk dengan tokoh agama.

“Semua instansi-instansi itu sudah menyepakati untuk menjaga secara bersama-sama, supaya situasi dan keamanan di Kutim, khususya pada perayaan natal dan tahun baru bisa berjalan dengan baik dan kondusif,” sebutnya.

Kendati demikian, AKBP Rino mengatakan pihaknya tetap memberikan upaya-upaya pengamanan khusus untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas selama perayaan natal dan tahun tahun.

“Termasuk kegiatan kepolisian, nanti akan kita tingkatkan lagi, dan insya Allah semuanya akan berjalan baik, mohon doakan saja,” katanya.

Sementara terkait mecuatnya isu akan adanya sweeping oleh ormas tertentu, secara tegas ditepis oleh Kapolres Kutim. Menurutnya, upaya persuasif dan sosialiasi ke semua ormas keagamaan telah dilakukan, dan semuannya berjanji akan membantu situasi kamtibmas Kutim.

“Kami terus melakukan pendekatan kepada semua ormas keagaam, dan Alhamdulillah hingga saat ini belum ada indikasi yang mengarah kepada adanya sweeping atau semacamnya,” ujarnya.

Senada, Kabag Operasional Kompol Bambang Herkamto menyebutkan, pihaknya telah berkomunikasi dengan para pemuda gereja di Sangatta, maupun di kecamatan lainnya lewat masing-masing Kapolsek setempat, dan mereka siap membantu jalannya pengamanan natal.

“Melalui pengurus gereja kami telah mengimbau agar para jemaat membawa tas atau barang seperlunya sebagai antisipasi terror. Karena mereka lebih mengerti terkait jadwal kegiatan natal dan kondisi di lapangan,” katanya.

Untuk diketahui, operasi ini akan berlangsung selama 10 hari, terhitung dari Jumat (23/12) hingga Senin (2/1). Selama operasi lilin berlangsung, akan disiapkan tiga pos pelayanan yakni di Pos Pendidikan, Teluk Pandan, dan Simpang Perdau.

Selain itu juga akan ditunjang dua pos pelayanan yang terletak di Pos Teluk Lombok dan Pantai Kenyamukan.

“Selebihnya, nanti para anggota akan menyebar, begitu juga anggota Polsek yang siap siaga di kawasan masing-masing,” tutupnya. (drh)

sumber: http://bontang.prokal.co/read/news/9285-pengamanan-natal-dan-tahun-baru-500-personil-gabungan-disiagakan/

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button