Advertorial

KPI Resmikan Gedung Baru Graha Parna 

BONTANG – Gedung baru Graha Parna yang bertempat di Jalan Pupuk Raya KM 2 diresmikan oleh PT Kaltim Parna Industri (KPI), Senin (7/5). Peresmian area perkantoran anak perusahaan PT Parna Raya ini berlangsung khidmat dengan rangkaian proses pemberkatan kantor baru dan Misa Kudus.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT KPI Charles A Simbolon memuji kerja keras Tim 17 beserta Manajemen PT KPI atas kesuksesan pembangunan di lahan seluas 20.975 meter persegi itu.

Sepuluh bulan sudah masa pembangunan Kantor Graha Parna. Di mana peruntukan gedung akan digunakan pula oleh dua anak perusahaan PT Parna Raya. Yakni PT Sistima Aliran Gas Nusantara (SAGN) yang bergerak di bidang transportasi gas. Serta PT Artha Samudra Mandiri Pelayaran bergerak di bidang pelayaran pengangkutan amoniak untuk domestik juga perairan internasional.

“Kami berharap kehadiran Gedung Graha Parna di wilayah Bontang mendapat arahan dan petunjuk dari para pemegang saham agar dapat berkoordinasi secara administratif. Serta menjadi line mark bisnis PT Parna Raya dan grup di Kota Taman,” harap dia.

Foto bersama di akhir peresmian. (FOTO RERA ANNORISTA/BONTANG POST)

Di tempat sama, Pimpinan Proyek Tim 17 Sapto Hari Prasetyo pada kesempatan itu menggambarkan proses pembangunan Graha Parna yang tak berjalan mulus sesuai rencana.

Bermula dari awal pembangunan Kantor Graha Parna secara simbolis dengan melakukan peletakan batu pertama pada 26 Agustus 2016 silam. Sementara konstruksi baru dimulai pada 31 Oktober 2016 dengan target penyelesaian delapan bulan atau 240 hari.

Namun dalam proses pelaksanaan banyak mengalami kendala. Di antaranya cuaca karena curah hujan yang tinggi juga kondisi tanah berlumpur. Tak hanya itu, kontraktor mengalami kesulitan finansial sehingga banyak material terhambat kedatangannya. Untuk itu, diputuskan mengganti main kontraktor pada Maret 2017.

“Kendala tersebut memperlambat pembangunan karena harus melalui proses administrasi peralihan dari main kontraktor lama ke baru,” ucapnya.

Penandatanganan prasasti oleh Founder & Pemegang Saham, Marihad Simbolon. (FOTO RERA ANNORISTA/BONTANG POST)

Lanjut Sapto, penyelesaian pekerjaan pembangunan Kantor Graha Parna baru dapat diselesaikan pada 30 April 2018. Mengalami keterlambatan masa pembangunan hingga 10 bulan. Secara penggunaan dan fungsi, kantor tersebut telah dipakai sejak 5 Maret 2018.

Pembangunan kantor dibangun dalam enam paket pekerjaan. Yakni pembangunan kantor, pos jaga, dan rumah genset. Paket kedua turap, pagar, dan drainase. Paket tiga jalan dan parkiran. Taman pada paket empat, furniture di paket ke lima, dan Information and Technology (IT) dengan melakukan pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) outdoor.

“Melalui pembagian paket-paket pengerjaan, kami memberikan kesempatan yang baik bagi kontraktor lokal untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan Kantor Graha Parna ini.

Pada kesempatan itu ia mewakili Komisaris, jajaran Direksi, dan Manajemen PT KPI mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bontang atas dukungan selama pembangunan Kantor Graha Parna.

Pengguntingan pita oleh Anna Mutiara Nainggolan selaku Pemegang Saham didampingi Marihad Simbolon. (FOTO RERA ANNORISTA/BONTANG POST)

“Terima kasih atas dukungan dari Wakil Wali Kota (Wawali) Bontang Basri Rase, secara aktif mendukung KPI dalam mendapatkan surat izin prinsip sampai surat izin mendirikan bangunan (IMB). Sehingga dapat melaksanakan pembangunan hingga selesai,” kata dia.

Sementara itu Wawali Bontang Basri Rase turut menyampaikan penghargaan kepada PT KPI atas diresmikannya bangunan perkantoran ini. Bagi dia ini merupakan lambang komitmen bagi semua agar seluruh perusahaan dapat lebih dekat dengan masyarakat dan pemerintah.

Basri menyetujui jika seluruh industri yang berada di sekitar Pupuk Kaltim sekiranya berkantor di luar kawasan perusahaan. Agar masyarakat Kota Taman dapat ikut berpartisipasi sebagai karyawan, perusahaan pun dapat lebih mudah mengambil kesempatan atau peluang dari luar.

“Selamat atas peresmian kantor Graha Parna PT KPI. Ini merupakan lambang komitmen bagi kita semua agar seluruh perusahaan dapat lebih dekat dengan masyarakat dan pemerintah,” ucapnya.

Prosesi tekan tombol sirine dan pembukaan tirai sebagai simbol peresmian Gedung Graha Parna. (FOTO RERA ANNORISTA/BONTANG POST)

Di akhir sambutan, ia mewakili pemerintah akan terus berupaya memberikan kemudahan percepatan perizinan kepada perusahaan-perusahaan yang ingin berinvestasi di Kota Taman. Atas amanat Presiden RI pada Desember 2017 lalu, mengimbau untuk memperlancar dan mempermudah pelaksanaan investasi daerah.

Tampak hadir Founder atau Presiden Komisaris PT Parna Raya Marihad Simbolon, jajaran Komisaris beserta Dewan Direksi PT Parna Raya, Kajari Bontang Agus Kurniawan, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0908 Mayor Inf Musanif, Waka Polres Bontang Kompol Eko Alamsyah, GM Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid, perwilan PT Kaltim Industrial Ested (KIE), PT Kaltim Methanol Industri (KMI), PT Kaltim Nitrate Indonesia (KNI), PT Kaltim Daya Mandiri (KDM), dan beberapa perwakilan perusahaan lainnya. (ra/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button