Bontang

2.000 Rumah Murah Dibangun di Bontang Lestari

BONTANG – Sebanyak 2.000 unit rumah murah bakal dibangun di wilayah Bontang Lestari. Dinas Permukiman, Kawasan Perumahan, dan Pertanahan (DPKPP) Bontang pun akan menyetujui site plan perumahan dengan DP 1 persen dari harga rumah Rp 142 juta tersebut, Senin (15/5) mendatang.

Untuk tahap pertama, dijelaskan Sekretaris DPKPP Bontang Maksi Dwiyanto, pengembang atas nama PT Sindy Hutama Karya akan membangun sebanyak 1.000 unit dulu. “Lokasinya di wilayah Nyerakat Kiri atau dekat dengan Puskesmas Bontang Lestari,” jelas Maksi saat ditemui di ruangannya, Selasa (8/5) kemarin.

Konsep perumahan dengan DP 1 persen ini merupakan program dari Presiden Joko Widodo yakni rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Sehingga, Maksi menuturkan pengembangan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah. “Jadi semua suku bunganya di-nol-kan,” ujarnya.

Pengembang, lanjut Maksi hanya diberi harga dasar bangunan. Karena pemerintah pusat telah mensubsidi dana untuk pembangunan infrastruktur jalan lingkungan, drainase, serta fasilitas umum lainnya. “Konsep ini tentu berbeda jika kita beli rumah sendiri di developer dengan menggunakan DP atau uang muka rata-rata 10 persen, karena fasilitas umum dan fasilitas sosial dihitung oleh developer dan ditanggungkan ke pembeli,” ungkapnya.

Oleh karena itu, progres dari perumahan tanpa uang muka ini masih pada persetujuan site plan dari DPKPP Bontang. Setelah mendapat persetujuan, Maksi mengatakan pengembang baru bisa melanjutkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Setelah itu barulah bisa pembangunan fisik. “Kami melihat site plan-nya dulu karena jangan sampai tidak ada lahan untuk fasilitas umum, serta lahan yang harusnya untuk drainase tetapi dijadikan bangunan. Namun setelah site plan-nya clear dan kami setujui barulah mereka bisa lanjut perizinan,” bebernya.

Dikatakan Maksi, pengembang menargetkan setelah Lebaran mulai pembangunan fisik. “Yang sudah terdaftar di kami seluas 5 hektar, untuk tahap pertama bangunan tipe 36 dulu, dengan luas tanah 9×10 meter. Target mereka 2 tahun sudah selesai semua pembangunannya,” pungkasnya. (mga)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button