Breaking News

Kutim Upayakan Tertib Arsip di Setiap OPD 

SANGATTA – Untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kualitas SDM tenaga pengelola arsip di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengadakan  pengelolaan dan bimbingan teknis (bintek) tentang tata cara pengelolaan arsip dinamis.

Menurut Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Kutim, Mugeni meminta kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan bintek ini hingga tuntas. Guna mendapatkan hasil yang mampu diimplementasikan di masing-masing OPD.

“Saya minta setiap OPD dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai,” ujarnya di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim pada Rabu (9/5).

Lebih lanjut, Mugeni mengatakan pengelolaan terkait arsip sangatlah penting. Terutama bagi instansi yang bertugas merekap data.

“Semuanya harus mampu memahami pentingnya berkas. Selain itupun harus mengerti bahwa setiap arsip memiliki tata tertib. Semua sudah diatur, bahkan hingga waktu pemusnahanpun sudah ditetapkan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Suprihanto memaparkan tujuan diadakannya bintek ini dengan maksud agar arsip daerah sesuai dengan kaidah yang diharapkan pemerintah pusat.

“Mari kita tingkatkan pengelolaan arsip di dinas menuju Kutim tertib arsip. Nanti kami tidak lanjuti koseling ke OPD untuk pengelolan arsip yang dinamis dan statis,” terangnya.

Arsiparis Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Nikko Dwi Nanda Armanjaya menjelaskan bintek kearsipan sangat dibutuhkan guna menentukan dukungan dan kebijakan pimpinan terhadap kearsipan, baik di level atas maupun bawah.

“Arsip diciptakan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan operasional dan disimpan sebagai bukti kebijakan. Sebagai salah satu sumber informasi, arsip memiliki banyak fungsi yang signifikan untuk menunjang proses kegiatan administratif dan fungsi-fungsi manajemen,” tuturnya. (*/la)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button