Advertorial

Dua Tahun Lagi Indonesia Raih Bonus Demografi

BONTANG – Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 Tahun 2018 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bontang berlangsung di halaman Kantor Dinas PMTKPTSP, Jalan Awang Long, Senin (21/5) pagi.

Dipimpin Wakil Wali Kota (Wawali) Bontang Basri Rase, turut hadir dalam upacara kemarin adalah Pj Sekkot Bontang Artahnan, Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Faisal, unsur Forkopimda Kota Bontang, manajemen perusahaan, kepala OPD, tokoh dan organisasi masyarakat.

Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang dibacakan Wawali Basri Rase menyampaikan, menurut perhitungan para ahli, sekira dua tahun lagi bangsa Indonesia akan memasuki sebuah era keemasan dalam konsep kependudukan, yaitu bonus demografi. Bonus demografi ini menyuguhkan potensi keuntungan bagi bangsa, karena proporsi penduduk usia produktif lebih tinggi di banding penduduk usia non produktif.

“Namun demikian, proyeksi keuntungan bonus demografi itu akan tinggal menjadi proyeksi, jika kita tidak dapat memaksimalkan usia produktif yang hanya akan tinggal menjadi catatan. Oleh sebab itu, Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan selalu mendorong dunia pendidikan bekerja sama dengan industri bisnis, untuk mencari terobosan-terobosan baru dalam pendidikan vokasi, jurusan-jurusan baru, baik ditingkat pendidikan tinggi maupun tingkat menengah yang berkaitan dengan keahlian dan ilmu terapan,” jelasnya.

ABADIKAN MOMEN: Wawali Basri Rase bersama Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal, Pj Sekkot Artahnan, dan unsur Forkopimda Kota Bontang.
Foto dokumen humas/adie

Generasi bonus demografi yang kebetulan juga beririsan dengan generasi milinial tersebut menurutnya, pada saat yang sama juga terpapar oleh masifnya perkembangan teknologi terutama teknologi digital. Dimana digitalisasi di berbagai bidang juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Namun akan menjadi berkah jika generasi penerus bangsa mampu menaklukkannya, menjadi pemain yang menentukan lanskep ekonomi berbasis digital dunia.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110, mari maknai peringatan tahun ini dengan terus meningkatkan SDM, terutama para generasi muda yang akan membawa kejayaan bangsa Indonesia di tahun-tahun mendatang, sebagai mana harapan para pejuang kemerdekaan NKRI,” pungkasnya. (hms7)

 

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button