Bontang

56 Pendukung DPD Diklarifikasi

BONTANG – Sebanyak 56 pendukung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Timur dilakukan klarifikasi dukungan. Saat ini, tahapan untuk Pemilihan DPD RI Tahun 2019 sudah masuk pada perbaikan penelitian administrasi yang akan berakhir pada Sabtu (26/5) hari ini.

Komisioner KPU Bontang Saparuddin mengatakan, proses pendaftaran dan tahapan lainnya untuk Pemilihan DPD RI dilakukan di KPU Provinsi Kaltim. Di KPU kabupaten kota, kata dia, bertugas untuk melakukan klarifikasi terhadap pendukung calon DPD asal Bontang. “Proses ini akan berlangsung sampai besok (hari ini, Red.),” jelas Saparuddin, Jumat (25/5) kemarin.

Tahapan yang sedang berlangsung saat ini, dijelaskan Saparuddin ialah klarifikasi kepada pendukung calon terhadap perbaikan sebagai syarat dukungan dalam tahapan penelitian administrasi perbaikan.

Untuk jumlah pendukung yang tidak memenuhi syarat (TMS) hasilnya belum direkap. Namun demikian, jumlah pendukung yang diklarifikasi pada tahapan perbaikan ini sebanyak 56 orang. “Jumlah pendukung tersebut hanya dari 8 calon DPD yang dilakukan perbaikan dari jumlah calon DPD dapil Kaltim sebanyak 38 calon,” ungkapnya.

Saparuddin menuturkan, saat ini KPU sedang melaksanakan 2 tahapan  baik Pilgub tahun 2018 juga Pilpres, Pileg, serta Pemilihan DPD RI tahun 2019. Karena pihaknya kebagian tugas melakukan klarifikasi dan verifikasi syarat dukungan yang diajukan maka proses itu dilakukan oleh PPS yang sudah terbentuk. “Para calon DPD RI ini harus mengumpulkan sebanyak 2.000 lembar fotokopi KTP-el warga Kaltim, dan dukungan tersebut harus didapatkan dari 50 persen kabupaten kota di Kaltim, di mana setiap calon harus mengumpulkan bukti dukungan dari 5 kabupaten kota di Kaltim,” bebernya.

Tahapan penelitian administrasi sudah dilakukan KPU Provinsi Kaltim. Oleh karenanya, Saparuddin mengatakan saat ini sedang persiapan melakukan verifikasi kegandaan. “Verifikasi faktual baru akan dimulai 30 Mei sampai 19 Juni mendatang,” tutupnya.(mga)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button