Breaking News

BPJS Peringati Faskes yang Tolak Pasien

SANGATTA-Kepala Cabang Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesahatan Sangatta, Nurlia Afyanti didampingi  Edy Junaedi Staf Komunikasi Publik meminta masyarakat melaporkan jika ada fasilitas kesehatan (Faskes) yang menolak pasien.

Khususnya bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional  Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) dari luar daerah atau yang tengah mudik.

“Bila ada faskes yang menolak melayani atau meminta biaya,  mohon segera dilaporkan ke care center 1500 400,” tegas Edy.

Katanya,  hal itu merupakan dukungan terhadap program ‘Mudik Nyaman’ bersama BPJS kesehatan, yang digelar serentak diseluruh Indonesia.

Mengingat libur lebaran sudah dekat, (BPJS) Kesehatan memberikan kemudahan akses layanan ke peserta JKN KIS. Dari H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni.

Peserta yang mudik, walaupun tidak terdaftar di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tersebut, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan dapat memperolehnya di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kemudian, kewajiban melayani peserta JKN-KIS  juga berlaku bagi FKTP non Puskesmas (klinik pratama dan dokter praktek perorangan). Jika di luar jam buka layanan FKTP bisa dilayani di IGD rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan dasar.

Hanya saja,  untuk Kaltim,  termasuk Kabupaten Kutim,  tidak mengadakan posko seperti di pulau Jawa.

“Untuk Kaltim tidak dibuat Posko. Posko hanya ada di delapan titik padat pemudik, di antaranya  Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest area KM 57 Cikapek, Stasiun Yogyakarta,” bebernya.

Sebelumnya melalui siaran pers, Senin (4/6) di Samarinda, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Samarinda Nurifansyah mengatakan pelayanan itu hanya berlaku bagi peserta JKN KIS yang aktif.

Untuk itu kepada peserta harap memastikan telah membayar iuran.  Untuk memastikan kelancaran pelayanan peserta bisa men-download aplikasi gratis.

“BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang bisa didapatkan di goggle play store untuk perangkat android,” ungkapnya.

Selain itu, dia menambahkan agar masyarakat tetap bisa berhubungan dengan BPJS Kesehatan maka bisa melalui care center 1500 400. Nomor ini  beroperasi 24 jam termasuk hari Minggu dan hari libur.

“Kantor cabang BPJS Kesehatan tertentu tetap beroperasi pada tanggal 11,12,13,14,18,19, dan 20 Juni 2018 dari pukul 08.00-12.00,” terangnya. (dy)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button