Bontang

Bontang Post Juara Lagi

 

BONTANG – Media kebanggaan masyarakat Kota Taman, Bontang Post kembali menunjukkan kelasnya di kancah nasional. Berdasarkan surat yang dikirim Serikat Perusahaan Pers (SPS) bernomor: 198/I/2017/I.XXI, Bontang Post menjadi salah satu pemenang di ajang The 18th Indonesia Print Media Awards (IPMA) 2017.

Rencananya, supremasi tertinggi untuk cover halaman terbaik se-Indonesia itu akan diumumkan di Millennium Hotel Sirih Jakarta, 3 Februari mendatang. Itu sekaligus penyerahan trofi juara kepada para pemenang.

Selain penyerahan trofi IPMA, di saat bersamaan juga akan dilakukan penyerahan trofi penghargaan The 6th Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA) untuk media internal korporasi dan lembaga, The 6th Indonesia Students Print Media Awards (Isprima) untuk sampul pers mahasiswa, serta The 4rd Indonesia Young Readers Awards (IYRA) alias desain rubrik anak muda surat kabar harian di Indonesia.

Penghargaan ini menjadi begitu bermakna bagi Bontang Post. Pasalnya, Bontang Post tidak pernah absen meraih penghargaan tahunan itu sejak 2014. Itu menunjukkan, perusahaan media yang juga mengelola dua media online, bontang.prokal.co dan bontangpost.id itu, kualitas produknya diakui se-Indonesia.

Pada 2014, Bontang Post meraih Silver Winner IPMA dan Bronze Winner IYRA. Kemudian di tahun 2015, Bontang Post mendapatkan Gold Winner IYRA. Terakhir di tahun 2016 di Mataram Nusa Tenggara Berat (NTB), Bontang Post untuk pertama kalinya meraih Gold Winner IPMA. Saat itu, penghargaan diserahkan ketua Dewan Pers Bagir Manan, dan diterima langsung Redaktur Pelaksana Guntur Marchista Sunan.

Sama dengan event lainnya seperti KPG Award dan JPG Award, proses penilaian berlangsung ketat. Hanya bedanya, event yang diselenggarakan SPS ini diikuti oleh seluruh media dari berbagai perusahaan dan grup. Tahun lalu saja, jumlah entri IPMA yang diterima panitia sebanyak 502 entri dari 119 perusahaan media. Sedangkan InMA tahun lalu berjumlah 182 dari 47 lembaga, pemerintah, dan korporasi. Kemudian, IYRA untuk tahun lalu berjumlah 144 entri dari 32 perusahaan media, serta Isprima sebanyak 58 entri dari 21 perguruan tinggi.

“Artinya, Bontang Post harus bersaing dengan ratusan perusahaan pers dari seluruh Indonesia,” kata Direktur Bontang Post, Agus Susanto.

Penanggung Jawab Kantor Kaltim Post Group (KPG) di Bontang itu menambahkan, penghargaan ini tentunya memberi motivasi lebih bagi jajarannya, untuk terus menampilkan produk terbaik. Hal ini sekaligus persembahan bagi masyarakat Bontang, khususnya pembaca setia dan pelanggan Bontang Post.

Dengan adanya penghargaan ini, kata Agus, semakin meningkatkan citra Bontang Post di mata masyarakat, khususnya pembaca. “Penghargaan ini kami dedikasikan untuk masyarakat Bontang, khususnya pembaca. Karena, dengan penghargaan ini, masyarakat dan pembaca semakin yakin bahwa Bontang Post diakui kualitasnya secara nasional,” jelasnya.

Kendati demikian, belum diketahui halaman mana yang meraih penghargaan. Pada event kali ini, Bontang Post hanya mengirim tiga cover. Ketiganya adalah Ajal Si Kera Besar edisi Senin 22 Februari 2016, Kilang di Bontang Harga Mati edisi Selasa 13 September 2016, serta Menuju Kota Mandiri edisi Rabu 12 Oktober 2016.

Sementara untuk IYRA, Bontang Post juga mengirim tiga cover. Yakni Yuk, Buat Ortu Bangga edisi Sabtu, 6 Februari 2016, Sahabatku Nyebelin! Edisi Kamis 11 Februari 2016, serta Mudik Lebaran edisi Selasa 5 Juli 2016.

Sementara, Redaktur Pelaksana Bontang Post, Guntur Marchista Sunan menambahkan, penghargaan ini berkat kerja sama tim yang baik di Bontang Post. Pria yang bertanggung jawab penuh terhadap Divisi Redaksi Bontang Post itu juga berharap, penghargaan ini bisa memotivasi jajarannya untuk terus menampilkan produk yang terbaik dan berkualitas. (gun)

Prestasi Bontang Post di Ajang IPMA-IYRA

Tahun                  Penghargaan

2014          Silver Winner IPMA

2014          Bronze Winner IYRA

2015          Gold Winner IYRA

2016          Gold Winner IPMA

Penghargaan Lain

KPG Award, Best Five JPG Award Kategori Infografis

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button