Breaking News

Arus Mudik Mulai Ramai, Wabup Kunjungi Posko Pengamanan 

SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, melakukan kunjungan ke beberapa Posko Pengamanan Lebaran 2018, Selasa (12/6). Salah satu posko yang ia datangi hari ini adalah posko di Simpang Empat Patung Singa, Jalan Yos Sudarso 2 Sangatta Utara.

Kunjungan tersebut dilakukannya bersama Kapolres Kutim, AKBP Teddy Ristiawan dan Dandim 0909/SGT, Letkol Inf Kamil Bahren Pasha. Menurut Kasmidi, tujuan kegiatan ini berguna untuk mengecek kondisi lalu lintas pemudik di Kutim khususnya. Agar mampu meningkatkan kenyamanan warganya saat bepergian.

“Saya minta pada semua pengendara jalan agar tetap berhati-hati selama perjalanan mudik. Terlebih yang menggunakan kendaraan roda dua. Jangan sampai barang bawaan melebihi kapasitas. Kemudian tetap gunakan helm yang sesuai standar,” ujarnya saat diwawancara di posko.

Di tempat yang sama, Kapolres Kutim, Teddy mengungkapkan pihaknya terus mengawal pengamanan di berbagai tempat. Tidak hanya di posko dan jalan umum, namun tempat wisata pun akan ikut diamankan.

Beberapa pemudik memeriksa kondisi kesehatan.(LELA RATU SIMI/SANGATTA POST)

“Kami juga melakukan patroli rutin, terutama di tempat ramai. Kami lakukan pengamanan dengan melibatkan ratusan personel, termasuk di polsek-polsek,” terangnya.

Selain di kawasan arus mudik,  pihaknya juga membentuk pos layanan di beberapa tempat wisata.  Hampir di semua tempat wisata didirikan pos.  Khususnya tempat wisata yang kerap dikunjungi wisatawan di Kutim.

Kata Kapolres, pos-pos ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan  bagi masyarakat yang akan mudik.  Pasalnya,  para pemudik disediakan tempat istirahat dan untuk menghilangkan rasa lelah dan diberikan layanan kesehatan gratis.

“Jadi,  bagi pemudik yang merasa capek, mau istirahat,  dan ingin cek kesehatan,  silahkan mampir ke pos-pos yang sudah disediakan.  Tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis,” kata Teddy.

Pos ini juga bertujuan untuk memantau hal-hal yang tak diinginkan.  Seperti halnya terjadi kecelakaan,  ataupun tindak kriminal lainnya.  Semua wajib dicegah sedini mungkin.

“Di tiap posko ada  15 orang.  Kami bagi 3 kelompok. Mereka jaga secara gantian. Jadi,  kami tak ada libur.  Kami terus berjaya dan memberikan pelayanan,” katanya.

Pelayanan ini lanjutnya,  sudah diberlakukan sejak beberapa hari lalu. Akan berakhir hingga arus balik lebaran selesai.  Begitupun ditempat wisata.

“Kalau masih ada yang mudik dan balik,  atau berwisata,  maka pengamanan  akan terus ditingkatkan. Jadi anggota kami akan terus berjaga,” katanya.

Sementara itu,  Satlantas Polres Kutim,  akan tetap memberikan pelayanan tambahan bagi pemudik. Salah satunya patroli rutin.

“Patroli tetap digalakkan.  Kami terapkan di semua kecamatan. Karena,  rumah-rumah kosong.  Untuk itu,  kami pantau terus agar aman dan tak ada pencurian, ” katanya.

Senada, Dandim 0909/SGT, Kamil menjelaskan sebanyak 75 anggota TNI membantu penjagaan pengamanan di setiap posko. Hal tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat yang melaksanakan mudik ke luar daerah. “Dalam pengamanan hari mudik ini kami ikut serta melakukan pengamanan,” tutupnya. (*/la/dy)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button