Bontang

Besok Puncak Arus Balik Jalur Laut 

BONTANG – Libur Idulfitri sebentar lagi akan berakhir. Otomatis para pemudik akan kembali ke Kota Bontang untuk memulai aktivitas pekerjaannya. Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang menyatakan puncak arus balik jalur transportasi laut akan terjadi pada Kamis (21/6) besok.

Kepala Dishub Bontang Sukardi mengatakan, besok Pelabuhan Loktuan akan kedatangan dua kapal yakni KM Binaiya dan KM Pantokrator. KM Binaiya diprediksi bakal berlabuh dari Awerange menuju Bontang pukul 10.00 Wita. “Puncak arus balik tanggal 21 Juni. Paling lambat KM Binaiya tiba di pelabuhan Loktuan pukul 12.00 Wita,” tutur Sukardi.

Saat ini Dishub belum mendapat informasi jumlah tiket yang terjual. Dikarenakan penjualan tiket langsung ditangani oleh Pelni Makassar. Namun, ia memprediksi jumlahnya bakal membeludak. “Untuk prediksi penumpang saya belum mendapat informasi, tetapi diperkirakan penuh,” ujarnya.

Tak hanya itu, Dishub juga mendapat informasi dari Pelni bahwa KM Pantokrator bakal perdana berlabuh di Kota Taman. Kapal ini mengangkut penumpang dari pelabuhan Pare-Pare. Informasi waktu datangnya kapal berdasarkan surat yang diterima Dishub sekitar pukul 12.00 Wita.

Adapun kapasitas penumpang dari kapal yang biasa beroperasi dari pelabuhan Samarinda ke Pare-Pare ini mampu menampung 2.000 orang.

Mengatasi penumpukan penumpang di dermaga, Dishub akan menyiagakan 34 petugas gabungan yang akan disebar di beberapa titik. Mulai dari dermaga, pintu keluar penumpang, hingga area parkir pelabuhan. Jumlah tersebut berasal dari Polres Bontang, Koramil 0908-01/Loktuan, karantina, dan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP).

Skemanya, penumpang akan diarahkan langsung melalui pintu samping pelabuhan setelah turun dari kapal. Sementara penumpang kapal yang hendak berangkat menunggu proses penumpang turun selesai di ruang tunggu pelabuhan.

Sebelumnya diberitakan, jumlah pemudik melalui transportasi laut tahun ini mencapai 2.899 orang. Rinciannya 1.259 orang memilih berlayar pada keberangkatan pertama tanggal 1 Juni, sementara 1.640 orang di kloter kedua tanggal 4 Juni. Jumlah tersebut termasuk yang mengikuti program mudik gratis salah satu perusahaan di Kota Bontang. (ak)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button