Bontang

31 Ribu Turis Padati Objek Wisata

BONTANG – Libur Lebaran ditambah cuti bersama selama tujuh hari dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menyerbu destinasi wisata. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Bontang Bambang Cipto Mulyono mengatakan, jumlah pengunjung obyek wisata di momen Lebaran tahun ini mencapai 31.844 orang.

“Ada cuti bersama yang cukup panjang sehingga ada lonjakan pengunjung wisata,” kata Bambang saat ditemui Bontang Post, Senin (25/6).

Destinasi yang menyedot pengunjung terbanyak ialah Taman Graha Wisata Manggrove. Total 14.100 turis singgah di obyek wisata yang berlokasi di kompleks perumahan Bukit Sekatup Damai (BSP) tersebut. Obyek wisata Lembah Asri menempati posisi kedua, dengan jumlah pelancong yakni 6.500 orang. (info selengkapnya lihat grafis)

Wisatawan terbagi dalam tiga jenis yakni lokal, nusantara, dan asing. Dikatakan Bambang, seluruh destinasi wisata didominasi oleh wisatawan lokal. Sementara untuk wisatawan luar Bontang rata-rata berasal dari Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur. Meskipun demikian, ia belum dapat mengklasifikasikan sesuai asal dari wisatawan tersebut.

“Kalau wisatawan asing hanya beberapa saja. Mereka sengaja berkunjung dan berlibur ke Bontang,” tuturnya.

Bambang menyebut dampak dari lonjakan jumlah wisatawan ini berakibat meningkatnya perekonomian warga Bontang. Pasalnya terjadi transaksi keuangan yang dilakukan oleh para pengunjung. Mulai dari membeli makanan, penggunaan transportasi umum, serta penggunaan jasa pariwisata dan perhotelan.

“Tentunya muaranya terjadi peningkatan kesejahteraan warga Bontang,” ucapnya.

Ia berharap pada libur Lebaran tahun depan, jumlah pengunjung lebih meningkat. Cara yang dilakukan Disporapar ialah dengan mempercantik destinasi wisata. Pada tahun ini dua pengerjaan bakal dilakukan yakni pembangunan jembatan dan pemasangan papan nama untuk destinasi Pulau Beras Basah.

“Untuk Beras Basah saya pastikan akhir tahun jembatan dan papan nama sudah ada,” kata Bambang.

Tak hanya itu, Disporapar juga melakukan penimbunan lapangan untuk obyek wisata Mangrove Berbas Pantai. Nantinya akan dibangun pagar dan gapura guna menambah daya tarik wisatawan. Bambang juga mengimbau kepada pemilik destinasi wisata yang dikelola oleh pihak swasta untuk dikembangkan.

“Dengan mempercantik obyek wisata akan menjadi magnet untuk menarik wisatawan,” tukasnya. (ak)

 

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button