Breaking News

Izin Bandara Sangkima Belum Direstui Pusat

SANGATTA – Bandara Sangkima Sangatta Selatan yang di gadang-gadang menjadi penerbangan utama masyarakat kutim ternyata belum memiliki master plant. Bahkan izinnyapun belum direstui oleh pemerintah pusat, karena berada di kawasan Taman Nasional Kutai (TNK).

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang membenarkan  hal tersebut.  Katanya, saat ini pihaknya tengah membuat master plant untuk pengerjaan Bandara Sangkima.

“Dengan menyisihkan anggaran dari proyek multi years pembangunan bandara, bersamaan dengan pengurusan izin bandara,” kata Kasmidi.

Selain itu, menurut Kasmidi Bulang, master plant Bandara Sangkima sangat dibutuhkan. Sebab, keberadaan master plant tidak hanya berkaitan langsung dengan bandara saja,  akan tetapi  dengan penunjang bandara lainnya.

“Seperti seberapa layaknya fasilitas di dalam bandara, akses menuju bandara, serta pemukiman di seputaran bandara,” katanya.

Untuk diketahui, progres pengerjaan Bandara Sangkima saat ini  baru memiliki lahan untuk runway seluas 40×800 meter yang dapat digunakan untuk kegiatan bandara.

Dari 7.816 hektare lahan TNK yang telah enklave, kini pemkab tengah mengurus berbagai fasilitas pendukung lainnya. Sehingga dalam waktu dekat pengerjaan Bandara Sangkima bisa segera dilakukan.

“Kita berharap segera dikerjakan. Sehingga, bandara dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat. Kita doakan saja,” katanya. (dy)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button