Bontang

Kerjasama Bentuk Website Kecamatan 

The Power of Silaturahim: Camat dan Lurah se Bontang Selatan

Pasca mutasi pejabat di lingkungan Pemkot Bontang, beberapa pejabat kelurahan maupun kecamatan di wilayah Bontang Selatan banyak yang berganti. Di bawah camat baru, Asdar Ibrahim membawa seluruh lurah-lurahnya menyambangi Bontang Post untuk memperkenalkan diri, sekaligus menjalin kerjasama.

Muhammad Zulfikar Akbar, Bontang

KUNJUNGAN yang dilakukan di Gedung Biru Bontang Post ini berlangsung gayeng, Kamis (26/1) siang. Mantan Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop UMKM) Bontang ini satu persatu memperkenalkan lurah dan sekretaris lurah yang ada di bawah koordinasinya, mulai Kelurahan Api-Api, Tanjung Laut, Tanjung Laut Indah, Berebas Tengah, Berbas Pantai, Satimpo, hingga Bontang Lestari. Rombongan dari Kecamatan Bontang Selatan ini disambut oleh Direktur Bontang Post, Agus Susanto bersama jajaran manajemen dan karyawan lain.

Mengawali kegiatan silaturahmi, Asdar menyebut kehadiran camat dan lurah se Bontang Selatan kali ini untuk membangun komunikasi yang baik dengan Bontang Post. Sebab, kata Asdar, Bontang Post ibarat nafas dalam pemberitaan di Bontang. Kehadirannya dibutuhkan sebagai mitra pemerintahan untuk mengawal pembangunan di tengah-tengah masyarakat.“Kami sangat membutuhkan pemberitaan terutama tentang kegiatan di tiap kelurahan,” kata Asdar.

Selain menjalin komunikasi, Asdar secara khusus menyampaikan keinginnya bekerjasama, terutama dalam pengembangan teknologi informasi (TI) di Kecamatan Bontang Selatan, khususnya di bidang website. Dirinya menginginkan lahirnya aplikasi berbasiskan website yang terintegrasi dengan seluruh kecamatan dan RT yang ada di wilayahnya. Contohnya, integrasi sistem kependudukan, beras miskin (raskin), potensi wilayah, dan lain-lain. “Karena selama ini sudah ada aplikasi dari nasional, tapi tidak menyentuh langsung ke kelurahan, bahkan tidak terintegrasi,” jelasnya.

Dirinya pun berharap, Bontang Post dapat menjadi jembatan pihak kecamatan untuk membentuk aplikasi tersebut. Bahkan secara khusus, Asdar menginginkan Bontang Post sebagai konsultan dalam pembuatan website tersebut. “Saya terinspirasi dari website BontangPost.id ini,” ujarnya.

Usulan tersebut pun diamini oleh beberapa lurah yang hadir. Muhammad Nur misalnya. Lurah Bontang Selatan yang sebelumnya menjadi Lurah Api-Api ini mengiyakan apa yang diusulkan oleh Asdar. Menurutnya, saat ini diperlukan satu portal besar di kecamatan yang akan menghubungkan dengan kelurahan dan kota. Sehingga, berbagai informasi dan data lain satu sama lain dapat terintegrasi dengan baik. “Jadi kelihatan bagaimana Kecamatan Bontang Selatan itu kompak,” kata Nur.

Sementara Rosianton Herlambang, lurah Tanjung Laut Indah ini merespon baik kerjasama antara Bontang Post dengan Kecamatan Bontang Selatan. Menurutnya, para pejabat di kelurahan dan kecamatan saat ini kebanyakan dibesarkan dan didewasakan oleh media. Untuk itulah, jika kerjasama ini berlangsung, maka semakin banyak pemberitaan di lingkungan kelurahan dan Kecamatan Bontang Selatan yang dapat diliput Bontang Post. “Dari mulai kegiatan keagamaan, ekonomi, kebudayaan, semua ada di kelurahan,” jelas Anton.

Senada, Lurah Berebas Tengah, HM Usman menyebut jika Bontang Post ibarat sepupunya. Hubungan yang sudah dibangun sejak Kaltim Post Biro Bontang (cikal bakal Bontang Post) diharapkan tetap terjaga, terlebih dengan adanya kerjasama dibidang website ini. Dirinya pun tak mempermasalahkan anggaran yang dibutuhkan dalam pengerjaan aplikasi terintegrasi tersebut. “Lebih baik memulai, pasti nanti ada jalan,” ucap Usman.

Menanggapi usulan kerjasama tersebut, Agus Susanto menyambut baik hal tersebut. Bontang Post pun, lanjut Agus dinilai siap mendampingi dan menjadi konsultan kecamatan dalam pembuatan website tersebut. Bahkan, beberapa tenaga ahlinya dapat mendampingi langsung pengerjaan aplikasi tersebut hingga tuntas. “Kami menganggap ini adalah bentuk kemitraan jangka panjang. Bontang Post siap membantu apa yang dibutuhkan oleh kecamatan dalam pembuatan portal ini,” jelas Agus.

Menjelang sore, silaturahim antara Bontang Post dan Kecamatan Bontang Selatan beserta lurah-lurahnya pun sekaligus menyepakati terjadinya kerjasama. Dalam waktu dekat, baik dari Bontang Post dan pihak kecamatan beserta kelurahan akan langsung bergerak mengumpulkan data dan mengkonsep aplikasi berbasis website ini. “Saya putuskan sore ini (kemarin, Red.) website akan jalan. Ini juga sebagai bentuk dukungan kepada Bontang terhadap keterbukaan informasi publik,” kata Asdar.

Selain itu, dirinya mengajak serta perusahaan di lingkungan Bontang Selatan untuk sama-sama mendukung terbangunnya aplikasi berbasis portal ini. Sebab, tak hanya berguna bagi aparat pemerintahan dan masyarakat sipil, aplikasi ini juga dapat berguna bagi kepentingan perusahaan dan investor, terutama dalam memproyeksikan potensi wilayah di sekitar Bontang Selatan. “Kami juga ingin perusahaan menjadi bagian integral di pemerintahan. Caranya, dengan ikut serta dalam pembangunan aplikasi ini melalui dana CSR-nya (Corporate Social Responsibility, Red.),” ajak Asdar. (***)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button