Breaking News

Agustus-September, Vaksin MR Diberi Gratis 

SANGATTA- Pada Agustus – September mendatang, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan memberikan vaksin Measles (campak) dan Rubella (MR) secara gratis kepada masyarakat, khususnya pada anak-anak. Hal tersebut guna menyukseskan program dari Kementerian Republik Indonesia (RI) pada 2020 mendatang, dalam mengendalikan penyakit campak dan rubella di Indonesia.

Dalam rapat koordinasi (rakor) di Ruang Meranti belum lama ini, Bupati Kutim Ismunandar meminta Dinkes segera menindaklanjuti program tersebut, dan menggelar imunisasi massal di seluruh fasilitas kesehatan (Faskes) di Kutim. Itu dilakukan agar generasi muda khususnya di Kutim, bisa terhindar dari penyakit campak dan rubella.

“Nanti Agustus dan September digelar imunisasi massal di seluruh posyandu, puskesmas, dan rumah sakit. Kepada orang tua khususnya ibu-ibu dapat mengantar anaknya untuk divaksin MR dan semuanya gratis,” ujar Ismunandar.

Baca Juga:  Modus Baru, Sabu Disimpan dalam Bohlam

Sementara itu, Kepala Dinkes Kutim, Bahrani menjelaskan, pemberian vaksin MR adalah upaya pencegahan dan pengendalian penyakit campak dan rubella yang akan diberikan secara gratis kepada anak usia 9 bulan, hingga usia kurang dari 15 tahun. Kemudian logistiknya akan didukung dari pihak provinsi.

“Dalam hal ini, Dinkes juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendukung suksesnya program ini, ” ujar Bahrani.

Seperti diketahui, campak adalah salah satu penyakit paling menular pada manusia dan menelan satu korban jiwa setiap empat menit, yang kebanyakan adalah anak-anak. Sama dengan rubella yang menjadi ancaman serius. Jika tertular di masa awal kehamilan dapat mengakibatkan cacat bawaan saat lahir. Mulai otak, jantung, mata, dan telinga.(ver)

Baca Juga:  Haram Bermain Curang di Porprov 2018, Bupati Target Kutim Juara Umum
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close