Kaltim

Puluhan Rumah Habis Dilalap Api

SAMARINDA – Kebakaran di Kota Samarinda seakan telah menjadi musiman. Minggu (29/7) sekira pukul 04.50 Wita, puluhan rumah yang berlokasi di Jalan RE Martadinata, Gang Villa Taruna, Kelurahan Jawa, Samarinda Ulu, Samarinda kembali hangus dilalap si jago merah.

Salah seorang saksi mata, Umar menuturkan, awalnya ia tidak mengetahui adanya musibah kebakaran. Ia baru mengetahui kebakaran ketika ada salah satu warga yang teriak  memperingatkan masyarakat akan adanya kejadian tersebut. Dan saat itu terjadi, posisi api sudah berada tepat di belakang rumahnya.

“Dari pukul 03.00 Wita saya masih terjaga dan hanya bersantai sambil nonton televisi. Mendekati subuh, ada yang teriak kebakaran. Pas saya buka jendela, posisi api sudah di belakang rumah,” tutur Umar kepada Metro Samarinda.

Diketahui, kebakaran ini sendiri berasal dari rumah salah seorang warga bernama Budi Hartono (47) yang berada tepat di belakang Bank BTN. Api pun cepat menyambar rumah warga dikarenakan embusan angin yang cukup kencang dari arah sungai, hingga melalap rumah-rumah di atasnya.

Budi yang juga korban kebakaran mengaku, ketika kebakaran terjadi, ia sendiri dalam keadaan tertidur lelap. Budi pun tidak mengetahui bagaimana kejadian ini berawal, yang  jelas ketika ia terbangun rumahnya sudah terbakar.

“Saya sudah mencoba memadamkan api, namun percikan api merambat ke baliho yang saya gunakan sebagai dinding, dari situ langsung menyambar rumah warga. Saya langsung teriak minta tolong,” ungkapnya.

Kepada media ini, Budi mengaku, kebakaran ini terjadi murni karena unsur kelalaian. Tidak ada unsur kesengajaan, karena ia sendiri merupakan korban. Ia pun terpaksa menggunakan lilin sebagai penerangan karena sudah hampir sebulan aliran listrik di rumahnya diputus PLN. “Namanya musibah. Saya juga tidak ingin ini terjadi,” ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Samarinda Utara, Kompol R Sigit, mengatakan untuk saat ini Budi masih dimintai keterangan lebih mendalam. Api diduga disebabkan oleh lilin yang dinyalakan Budi sebagai penerangan. “Nanti kami perdalam lagi keterangannya. Apakah benar unsur kelalaian atau kesengajaan,” kata dia.

Data dihimpun, musibah kebakaran ini menghanguskan sekira 28 bangunan di RT 40, Kelurahan Jawa, dan RT 01, di Kelurahan Teluk Lerong. Musibah kebakaran terjadi dini hari itu baru dapat dipadamkan sekira pukul 06.30 Wita dengan bantuan 20 unit PMK Kota Samarinda, Balakarcana dan warga sekitar. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Untuk kerugian material, belum diketahui. (*/dev)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button