Breaking News

Jelang Iduladha, Harga Daging Sapi Stabil 

SANGATTA – Harga daging sapi menjelang Iduladha masih terpantau stabil. Beberapa pasar tradisional di Sangatta masih menjualnya di batas harga yang normal. Rata-rata pedagang menjual daging sapi kisaran Rp 130 ribu perkilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Induk bernama Anto (47)  menuturkan, harga daging sapi masih sama seperti biasanya. Tidak ada kenaikan yang signifikan. Meskipun menjelang perayaan Iduladha.

“Harganya masih normal. Tidak ada kenaikan sama sekali,” ujarnya saat diwawancarai, Rabu (8/8).

Menurutnya, pasokan daging diperkirakan aman sampai lebaran. Pasalnya stok masih mudah didapat hingga saat ini. Ia hanya berharap para konsumen tetap membeli meski pasca lebaran nanti.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, walaupun lebaran kurban, tetap saja masih banyak pembelinya,” pungkasnya.

Di tempat berbeda, Kasi Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim, Achmad Dony menuturkan, harga daging sapi saat ini masih terkendali. Tidak hanya daging, bahkan sejumlah komoditas terpantau aman. Tidak ada lagi kenaikan saat ini. Termasuk ayam dan telur yang sempat melonjak, ia pastikan aman.

“Sampai sekarang harga daging sapi di seluruh Kutim masih terjangkau,” tuturnya.

Mengantisipasi maraknya daging tidak sehat, dirinya mengajak kerjasama rumah potong sebagai distributor ke pasar di Kutim. Dony mengatakan, dirinya melakukan pencegahan karena dikhawatirkan, jika pemasok dari luar berpotensi melakukan kecurangan.

“Kami kerjasama dengan RPH, stok alhamdulillah aman, karena banyak kiriman dari Jawa,” terangnya.

Demi memastikan kesehatan dan halalnya daging, ia meminta pada seluruh pedagang untuk tidak menerima stok dari pemasok lainnya. Hal ini berguna untuk menjamin kebersihan daging yang akan dikonsumsi oleh konsumen, agar tidak terkena penyakit.

“Bagusnya RPH ini sudah berjalan, karena sudah dipastikan kesehatannya. Di pasar Induk dan beberapa pasar lain sudah sepakat tidak memasok daging dari luar, hanya kiriman dari RPH saja,” jelasnya. (*/la)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button