Bontang

Bentuk Formasi 73, Bentangkan Bendera Raksasa 

Upacara bendera 17 Agustus tak melulu harus dilaksanakan di lapangan terbuka. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam melaksanakan upacara detik-detik proklamasi peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

Bambang, Bontang

IDE kreatif ini terbilang unik. Berbeda dari kebiasaan umum, sejumlah komunitas gabungan dari pecinta lingkungan dan organisasi pemuda Bontang justru menginisiasi kegiatan upacara HUT ke-73 RI di tengah laut, Jumat (17/8) lalu.

Pulau Segajah, salah satu destinasi wisata andalan Kota Taman ini terpilih menjadi lokasi pelaksanaan upacara tersebut. Selain bertujuan mempromosikan wisata bahari Bontang, dipilihnya lokasi tersebut karena pulau yang berlokasi di tengah laut itu memiliki keunikan tersendiri yang tak dimiliki pulau lainnya. Jika siang hari pulau ini muncul ke permukaan karena air lautnya yang surut, sedangkan di malam hari, pulau tersebut “hilang” karena tenggelam oleh air laut yang pasang.

Kompak memakai dresscode merah-putih, ratusan anak muda peserta upacara ini terlebih dahulu berkumpul di Dermaga Bontang Kuala (BK) usai salat Jumat. Selanjutnya peserta berangkat dengan menggunakan 7 kapal yang telah disediakan panitia. Sesampainya di Pulau Segajah, semua peserta membentuk formasi angka 73. Di atas angka 73, berkibar bendera merah-putih berukuran raksasa. Dikomandani Lurah Bontang Kuala Roni Apriansyah, semua peserta upacara kemudian melakukan hormat kepada bendera dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Momen ini juga diabadikan dari udara menggunakan drone.

Baca Juga:  Pupuk Kaltim Memaknai Hari Lahir Pancasila, “Saya Indonesia, Saya Pancasila”  

“Ide awalnya dari teman-teman komunitas. Tujuannya ingin memperingati hari kemerdekaan yang berbeda dasri biasanya,” ujar Zulkarnain, salah satu panitia yang juga Ketua Karang Taruna BK.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan transplantasi terumbu karang, hingga aksi bersih-bersih pantai.

Menanggapi kegiatan ini, Lurah Bontang Kuala Roni Apriansyah mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang kreatif ini. Menurutnya, dengan kegiatan ini dapat membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda.

“Masa depan Bontang dan Indonesia ada di pundak kalian semua. Mari sama-sama kita bangun Indonesia kita,” ajaknya.

Sebagai informasi, upacara ini diikuti dari berbagai komunitas baik dari Bontang maupun beberapa kota yang ada di Kaltim. Adapun dari Bontang, terdiri dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar), Kelurahan Bontang Kuala, Karang Taruna BK, DPC HPI Bontang, Pokdarwis Kuala Abadi, MTMA Bontang, Tapak Borneo, Duta Pariwisata, BORAC, Duta Peduli Sampah, Green Generation, BRB, Kelas Inspirasi, Hangout Borneo, dan organisasi lainnya. (***)

Baca Juga:  Semarak 17-an ala Bontang Post
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close