Bontang

Antisipasi Adanya Cacing Hati Sapi, DKP3 Cek Daging Kurban

BONTANG –Iduladha Rabu (22/8) besok akan dilaksanakan pemotongan hewan kurban. Pada proses pemotongan dan pembagian hewan kurban itu, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang bakal mengecek daging kurban. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya cacing pada organ dalam sapi yakni hati. “Saat pemotongan hewan kurban, kami akan keliling untuk mengecek daging hewan kurban yang sudah disembelih,” jelas Kepala DKP3 Bontang Aji Erlinawati, saat ditemui belum lama ini.

Pengecekan bagian dalam organ atau biasa disebut dengan istilah postmortem juga dilakukan di 163 titik yang telah terorganisir oleh DKP3 Bontang. Baik itu pemotongan hewan kurban di masjid-masjid, musala, sekolah, di rumah-rumah, maupun Rumah Pemotongan Hewan (RPH). “Diharapkan saat pengecekan tidak ditemukan daging kurban yang mengandung cacing pita dan semoga semua hewan kurban kualitas dagingnya bagus-bagus,” harap dia.

Sebelumnya, pihak DKP3 Bontang telah melakukan pengecekan luar hewan kurban yang disebut antemortem (pengecekan sebelum kematian). Pengecekan antemortem dilakukan ke 1.827 hewan kurban yang terdiri dari 145 titik, baik itu 931 sapi dan 893 kambing. “Semuanya sudah dipastikan kondisi fisiknya sehat dan diberi label sehat dan surat keterangan sehat,” ujarnya.

Ketika sudah dipastikan secara fisik bahwa mereka sehat, Aji juga mengatakan pihaknya mengambil 45 sampel feses sapi yang dikirim ke laboratorium di Samarinda. “Kami mengambil 45 sampel feses sapi dari 145 titik penjual hewan kurban di Bontang,” terang dia.

Aji mengingatkan agar para masyarakat Bontang yang hendak membeli hewan kurban bisa lebih teliti saat membeli. Aji mendapat informasi, rata-rata masyarakat Bontang membeli hewan kurban di detik-detik terakhir menuju hari H. “Pastikan hewan yang akan dibeli sudah ada label kuningnya dan memiliki surat keterangan sehat,” pungkasnya.(mga)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button