Advertorial

Seleksi Duta Pemuda Resmi Dimulai 

BONTANG – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Bontang menggelar seleksi Duta Pemuda tahun 2018. Kegiatan ini bekerja sama dengan Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI). Rencananya, kegiatan seleksi berlangsung dua hari, mulai kemarin hingga Kamis (6/9) hari ini. Acara ini dibuka oleh Kepala Disporapar, Bambang Cipto Mulyono.

Bambang memaparkan, sebanyak 33 pemuda mengikuti seleksi ini. Dari kategori umur 16-30 tahun atau sesuai dengan Undang-Undang Kepemudaan. Nantinya hanya empat yang terpilih. Rinciannya dua pemuda dan dua pemudi.

Dikatakan Bambang, proses seleksi ini akan berjalan sengit, disebabkan sejumlah tes harus dilalui peserta. Mulai dari tes tertulis, wawancara, samapta, seni dan budaya, serta wawasan kebangsaan. “Nanti akan diuji oleh tujuh panelis,” kata Bambang kepada Bontang Post saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/9) kemarin.

Selanjutnya, empat peserta seleksi yang lolos akan dikirim mengikuti seleksi Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kaltim. Rencananya akan dihelat pada 27-29 September. Dengan tuan rumah yakni Samarinda.

Jumlah sama pula akan mewakili Kaltim mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Bangka-Belitung dalam tahun ini. Dalam acara tersebut peserta akan bertemu pemuda-pemudi se-Indonesia. Sehingga mereka bisa berinteraksi, bertukar pikiran, dan mengembangkan kreativitas seni budaya. Serta menambah wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan memperteguh kebhinekaan.

“Setiap tahun Bontang selalu mewakili Kaltim untuk mengikuti JPI,” ujarnya.

Bambang berharap peserta seleksi dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai momen terindah. Ia berpesan kepada peserta seleksi, agar mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang ada. Apalagi tahun depan Bontang ditunjuk sebagai tuan rumah JPD Kaltim.

Tak hanya itu, Bambang mendorong peserta seleksi untuk mengembangkan pengetahuan di bidang pariwisata. Tujuannya agar pariwisata Bontang lebih dikenal wisatawan, salah satunya melalui promosi dari duta pemuda ini.

Turut hadir dalam pembukaan seleksi duta pemuda ini ialah Ketua PPMI Kaltim Heri Keswanto dan Ketua PPMI Bontang Trendy Falcanov. (ak)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button