Breaking News

5 KUA Siap Dibangun

SANGATTA – Lima Kecamatan di Kutim hingga kini masih belum memiliki Kantor Urusan Agama (KUA) secara permanen. Sehingga, Kemenag melalui dana pusat akan membantu dalam pembangunan kantor yang masih menyewa.

Bahkan di salah satu daerah terdapat KUA yang bekerja dengan menyewa rumah warga. Meski begitu tugas sehari-hari tetap berjalan baik. Hanya saja pelayanan kepada masyarakat dirasa kurang maksimal, akibat minim fasilitas pendukung.

Kepala Kantor Kemenag Kutim, Ambotang mengatakan, hingga saat ini ada lima kecamatan di Kutim yang belum memiliki kantor KUA, yakni Kecamatan Karangan, Busang, Batu Ampar, Teluk Pandan, dan Long Mesangat.

Sementara sisanya sudah ada yang berdiri secara permanen. Meski belum memiliki kantor tetap, namun dia mengatakan masing-masing KUA tetap berupaya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Lima kecamatan memang belum ada kantor KUA. Meski sedikit terhambat karena tempat, namun pelayanan kepada masyarakat masih bisa dilakukan,” ujarnya kala diwawancarai di kantornya belum lama ini.

Belum dibebaskannya lahan menjadi salah satu kendala KUA untuk mendirikan kantor secara permanen. Pasalnya, hal itu menjadi syarat penting untuk pendirian bangunan yang dibantu dari pusat.

“Anggaran itu pasti ada, hanya saja setiap daerah harus punya lahan. Enak membangunnya,” tuturnya.

Ia menegaskan, sejumlah KUA tersebut akan akan segera dilakukan pembangunan secara permanen. Dengan kondisi bangunan yang lebih baik dan layak untuk memberikan pelayanan.

“Kami sudah usulkan ke pusat, agar  pembangunan kantor di beberapa kecamatan segera terealisasi,” tandasnya.

Ia berharap, seluruh daerah di Kutim ke depannya bisa lebih baik dari sebelumnya. Agar tidak kesulitan apapun terlebih dalam hal fasilitias. (*/la)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button