Advertorial

Fasilitasi Guru PAUD Binaan Berguru di PAUD Terpadu YPK

BONTANG – Bentuk kepedulian PT Kaltim Daya Mandiri (KDM) di bidang pendidikan kembali diwujudkan melalui program magang bagi guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Program ini berlangsung sejak 10 hingga 14 September lalu di TK Yayasan Pupuk Kaltim (YPK).

Kegiatan magang bagi guru PAUD binaan PT KDM ini merupakan tindak lanjut dari program Corporate Social Responsibility (CSR) berbasis Proper. Di mana, sebelumnya perusahaan penyedia kebutuhan listrik bagi perusahaan di sekitarnya ini telah menggelar pelatihan bagi guru PAUD dan taman kanak-kanak (TK) wilayah penyangga (buffer zone) kawasan industri Bontang Utara.

Program yang mengusung tema “Sharing and Expand Our Knowledge to Increase The Quality of Our Education” ini mengirimkan lima lembaga untuk mengikuti proses pemagangan yang bekerja sama dengan PAUD Terpadu YPK. Mereka adalah Kelompok Belajar (KB) Kasih Bunda 2, TK Islam Nurul Fatah, TK Madani, PAUD Kasih Bunda 2, dan PAUD Terpadu Kreatif.

Adapun pemateri selama empat hari dibawakan oleh Isye Supriati mengenai model pembelajaran sentra, model pembelajaran kelompok, dan metode pembelajaran. Dilanjutkan Lutfiyah di hari kedua mengenai administrasi kelas, format penilaian, dan strategi sistem penggabungan sentra dan kelompok. Wiwik Eritiyani memberikan materi administrasi sekolah pada hari ketiga, dan Tri Hartanti menyampaikan materi pembelajaran menggambar dan mewarna sekaligus mempratikkannya di hari terakhir.

Sekretaris Perusahaan PT KDM, Sutikno saat penutupan menerangkan bahwa program PAUD Inspiratif ini merupakan salah satu program CSR PT KDM di antara program lainnya. Ia berharap, apa yang didapat selama empat hari, ilmu-ilmu penting dari pemateri dapat ditularkan kepada rekan lainnya. Utamanya pengamalan ilmu dasar-dasar karakter kepada peserta didik sehingga menjadi pondasi kuat untuk pendidikan selanjutnya.

“Sebenarnya KDM inginnya peserta tidak hanya lima orang. Penginnya banyak karena guru PAUD di buffer zone kan banyak. Tapi karena programnya secara berkelanjutan, untuk saat ini terpilih lima dulu. Mudah-mudahan kerja sama antara PT KDM dengan PAUD Terpadu YPK bisa kita teruskan lagi untuk program yang lebih baik,” harap Sutikno.

Kepala Bidang Akademik YPK Suroto mengapresiasi upaya PT KDM dalam meningkatkan mutu pendidikan guru-guru PAUD di wilayah buffer zone. Mengingat peran guru PAUD menjadi perhatian luar biasa, bertugas mendidik generasi muda dengan dasar-dasar karakter untuk menempuh pendidikan formal sejak sekolah dasar (SD) dan seterusnya.

“Selamat kepada Ibu-ibu semua yang sudah terpilih oleh manajemen PT KDM dan diikutkan program-program peningkatan kompetensi secara berkelanjutan ini. Mudah-mudahan pelatihan selama empat hari ini tidak mengecewakan Ibu-ibu juga pihak PT KDM. Kami siap jika ke depan ada kegiatan serupa,” ucapnya.

Wiwik Eritiyani, Kepala PAUD Terpadu YPK mengapresiasi program pelatihan garapan PT KDM itu. Ia berharap kerja sama ini terus berkelanjutan. Serta ilmu yang diperoleh selama latihan dapat ditularkan kepada pendidik lainnya dan diaplikasikan kepada anak-anak.

Di akhir acara, Nasnilawati mewakili keempat rekannya mengucapkan terima kasih kepada PT KDM yang telah memfasilitasi pemagangan tersebut. Di mana PT KDM begitu pedulinya terhadap dunia pendidikan di kota Bontang, khususnya sekolah-sekolah di wilayah buffer zone. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada YPK, terkhusus para pemateri telah membagikan ilmunya serta memberikan harta karun berharga berupa soft copy dan print out terkait materi perangkat pembelajaran. (ra/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button