Breaking News

Formasi CPNS Lulusan SMA Dihapuskan

SANGATTA – Ribuan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kutim, sedikit banyaknya merasa kecewa karena pemerintah setempat hanya menyediakan formasi untuk lulusan program diploma (D-3) dan sarjana (S1), sedangkan tamatan SMA tidak tersedia.

Padahal informasi sebelumnya, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim, Zainuddin Aspan sempat mengatakan, pihaknya membuka tes CPNS untuk lulusan SMA, dengan jumlah kursi sebanyak lima orang diposisikan di Satpol PP.

“Formasi yang lima orang untuk SMA dihapuskan, diganti ke penerimaan calon pegawai teknis yang berjumlah menjadi 62 orang,” jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (20/9).

Menurutnya, penerimaan kali ini diperuntukkan bagi lulusan diploma dan sarjana dengan sejumlah jurusan. Namun diprioritaskan untuk tenaga guru sebanyak 90 orang dan kesehatan 91 orang.

Di tempat berbeda, warga Sangatta Utara bernama Saramiyah (18), mengaku kecewa, pasalnya ia telah menyiapkan diri untuk mengikuti tes tersebut. Saat mendapat informasi terbaru, ia mengatakan semangatnya sempat menurun.

“Saat saya dapat informasi penerimaan CPNS, saya langsung menyiapkan berbagai persyaratan, seperti kartu kuning (AK1), surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), termasuk surat keterangan kesehatan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” keluh wanita berhijab ini.

Ia menyebutkan, pemerintah seharusnya dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan. Dia merasa dibingungkan, saat melihat formasi untuk SMA dihilangkan. Padahal menurutnya, sempat beredar kabar, perihal penerimaan SMA sebelumnya disediakan.

“Saya memang tidak kuliah, tapi bukan berarti kalah dengan sarjana. Masa tidak diberi kesempatan,” keluhnya.

Baginya tes seperti ini merupakan hal yang sangat ditunggu masyarakat dimanapun, terlebih menjadi PNS merupakan harapan banyak orang. Sehingga dalam penerimaan harus mempertimbangkan banyak aspek.

“Dilihat jugalah potensi anak muda Kutim, banyak yang berprestasi tapi terkendala anggaran untuk melanjutkan pendidikan. Maka dari itu lebih memilih bekerja dengan berharap pada peluang seperti ini,” tandasnya.

Pihak Call Centre BKPP Kutim, Majid membenarkan bahwa formasi untuk lulusan SMA tidak disediakan. Dia mengatakan, untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung pada pihaknya.

“Jadwal tentatif di 26 September-10 Oktober 2018 harus dibuka pendaftarannya. Kemudian bagi pelamar yang butuh informasi bisa hubungi kami langsung atau mendatangi badan diklat,” paparnya. (*/la)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button